NU Kota Surabaya Ajak Warga Ciptakan Pemilu Damai

Monday 12 Feb 2024, 6 : 33 pm

SURABAYA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya mengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan suasana damai dan harmonis saat pemilu karena  sebagai warga negara semua wajib untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan masing-masing.

Hal itu disampaikan Ketua PCNU Kota Surabaya, KH Umarsyah saat menerima kunjungan para mahasiswa dari Universitas Airlangga Surabaya, di Kantor PCNU Kota Surabaya, Senin (12/2/2024).

Kiai Umar mengatakan, pemilu merupakan sebuah perintah konstitusi yang penting untuk dijalankan, untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Presiden dan Wakil Presiden dan  sudah menjadi agenda rutin yang dijalankan setiap 5 tahun sekali.

“Sebagai warga negara, kita menghadapinya sebagai suatu proses yang wajar dan tidak perlu menimbulkan kegaduhan. Harus disikapi sebagai hajatan yang rutin, menjadi kebiasaan yang tidak perlu mengagetkan,” tambahnya.

Soal adanya perbedaan pilihan, Kiai Umar mengatakan itu hal biasa .

“Perbedaan itu fitrah manusia. Termasuk perbedaan bahasa, perbedaan warna kulit. Sama seperti perbedaan keyakinan, ada perbedaan dalam pilihan politik,” jelasnya.

Dalam budaya NU, khususnya di pondok pesantren, perbedaan  pilihan itu kerap kali terjadi hingga saat ini.

Namun katanya, tidak pernah terjadi adanya perbedaan berlangsung selamanya.

Selalu ada waktu akhir. Kalau sudah ditemukan dasar hukum yang diakui lebih kuat, maka wajib disepakati. Ketika sudah dicapai kesepakatan, maka perbedaan itu harus diakhiri,” tandasnya.

Tambahnya, “Dalam bahtsul masail, dan berbagai halaqah, perbedaan itu biasa, selalu ada tasamuh (saling menghargai).”

Sementara itu, politik bagi warga NU merupakan paradigma ber-kebangsa-an, wujud dari kemerdekaan untuk mewujudkan kemaslahatan seluruh umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gelar Asset Sales Festival, BTN Terus Tekan NPL

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berupaya untuk menekan

BI: Penjualan Eceran Agustus 2015 Melambat

JAKARTA-Survei Penjualan Eceran mengindikasikan bahwa secara tahunan penjualan eceran pada