Hasbi Jayabaya: Hak Anak Mendapat Perlindungan

Hasbi Jayabaya: Hak Anak Mendapat Perlindungan

38
0
BERBAGI
Anggota Komisi VIII DPR RI, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya

BANTEN-Anggota Komisi VIII DPR RI, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengatakan setiap anak Indonesia berhak mendapat perlindungan dan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental, maupun sosial. Untuk itu, perlu dilakukan upaya perlindungan guna mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa adanya perlakuan diskriminatif. “Saat ini, tindak kekerasan pada anak Indonesia masih sangat tinggi. Karena itu, perlu perlindungan hukum yang maksimal sebab anak merupakan generasi penerus bangsa,” ujar Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, dalam Sosialisasi Perlindungan Anak baru-baru ini di Rangkasbitung, Lebak, Provinsi Banten dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10).

Menurut Hasbi, perlindungan terhadap anak perlu ditingkatkan mengingat semakin maraknya kejahatan terhadap anak di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya kejahatan seksual terhadap anak yang justeru banyak dilakukan oleh orang-orang terdekat.

Anggota DPR RI dari Dapil Banten I ini menambahkan, maraknya kejahatan terhadap anak dapat diatasi salah satunya melalui pemberatan sanksi pidana kepada pelaku kejahatan seksual. Tujuannya untuk memberikan efek jera dan mendorong adanya langkah konkrit untuk memulihkan kembali fisik, psikis dan sosial anak. “Saya mendukung hukuman berat bagi pelaku kejahatan anak,” ujar Hasbi dihadapan tokoh masyarakat setempat.

Pemberatan hukuman ini lanjut Hasbi perlu dilakukan untuk mengantisipasi korban kejahatan dikemudian hari tidak menjadi pelaku kejahatan yang sama. Karena berdasarkan fakta yang terungkap pada saat pelaku kejahatan seksual diperiksa di persidangan, ternyata pelaku pernah mengalami pelecehan seksual saat masih berusia anak, sehingga pelaku terobsesi melakukan hal yang sama. “Untuk mencegah hal itu terjadi, saya pikir, hukuman kebiri sangat pantas diberikan kepada pelaku kejahatan seksual terhadap anak,” tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap melalui hukuman kebiri, pelaku kejahatan seksual terhadap anak dapat ditekan di negeri tercinta. Sebab, salah satu faktor yang dinilai menjadi pemicu masih berulangnya kasus kekerasan seksual terhadap anak adalah belum adanya sanksi yang tegas terhadap pelakunya.”Pelaku kejahatan seks terhadap anak perlu dikebiri. Supaya menimbulkan efek jera,”  pungkasnya.