Jokowi Perintahkan Menpora Bangun Sarana Cabang Berprestasi

36
Presiden Jokowi bersama peraih emas Olimpiade Brasil, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, serta Sri Wahyuni dan Eko Yuli, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/8)

JAKARTA-Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk memprioritaskan pembinaan terhadap cabang-cabang olahraga berprestasi. “Saya memerintahkan Menpora fokus, memberi prioritas pada cabang-cabang olahraga yang sudah kelihatan prestasinya baik dari sisi sarana prasarana, camp pelatihan, pelatnas,” kata Presiden Jokowi setelah menerima para atlet dan tim olimpiade Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/8).

Menurut Presiden, jika diajukan dengan perencanaan yang baik ia yakin medali-medali emas yang lain bisa didapatkan lebih banyak untuk Indonesia. Hal itu bisa saja terjadi pada cabang yang sudah mendapatkan prestasi atau raihan medali maupun yang belum berhasil.”Tetapi fokus di tempat yang mungkin mendapat medali,” katanya.

Soal anggaran, kata Presiden, sudah disampaikan dukungan kepada Kemenpora. “Prioritas dan fokus yang kemungkinan di olimpiade bisa mendapatkan medali,” ujarnya, menegaskan.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Indonesia mampu meraih perolehan maksimal dalam Olimpiade Rio de Jeneiro, Brasil. “Ucapan terima kasih sebesarnya kepada Ketua Cabang Olahraga PBSI maupun angkat besi dan lainnya, KONI, Menpora dan tim yang berjuang keras membawa nama baik bangsa dan negara,” tuturnya.

Para atlet peraih medali pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 diarak menggunakan bus bak terbuka dari kantor Kementerian Pemuda dan Olaharga menuju Istana Merdeka melewati Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, dan Medan Merdeka Barat.

Sebelum tiba di Istana Merdeka, bus tingkat atap terbuka milik Pemerintah Kota Bandung bernama Bandros yang membawa para pahlawan olahraga Indonesia itu sempat berhenti dua kali di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan M.H. Thamrin Jakarta. Masyarakat Jakarta yang berada di jalan-jalan itu keluar kantor dan berdiri di sisi jalan guna menyambut para pahlawan dengan melambaikan bendera Merah-Putih serta memotret dengan telepon seluler mereka.

Rombongan ini dikawal komunitas Motor Harley Davidson Indonesia. Sejumlah personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga mengamankan jalur arak-arakan. Mereka turut mengatur warga yang ingin mendekat Bus Bandros untuk menyambut dan memotret pasangan Tontowi/Liliyana.

Sesampai di Istana Merdeka, para atlet yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Umum KONI Tono Suratman, Chief de Mission Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Raja Sapta Oktohari, dan mantan atlet bulutangkis Taufik Hidayat disalami satu-satu oleh Jokowi.