Kantor Pajak Buka Hari Sabtu Untuk Layanan Amnesti Pajak

21
photo ilustrasi

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak benar-benar all our menyukseskan program tax amnesty (pengampunan pajak). Dalam rangka memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak untuk memanfaatkan program amnesti pajak maka mulai tanggal 6 Agustus 2016 Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia buka pada hari Sabtu.

Humas Ditjen Pajak dalam keterangan tertulisnya menyebutkan kebijakan ini diambil mengingat periode amnesti pajak yang sangat singkat, yang hanya berlaku selama 9 bulan. Terlebih lagi untuk periode pertama dengan tarif terendah, yakni 2% dari Nilai Harta Bersih yang diungkapkan, hanya berlaku kurang dari 2 bulan lagi, atau berakhir pada tanggal 30 September 2016. “Untuk itu, dalam mengantisipasi antusias wajib pajak dalam memanfaatkan kebijakan ini, Direktur Jenderal Pajak memberikan instruksi kepada seluruh pegawai Ditjen Pajak untuk menambah waktu layanan pada hari Sabtu,”  demikian keterang tertulis Ditjen Pajak yang diterima redaksi www.beritamoneter.com, Minggu (7/8).

Dengan instruksi tersebut, maka jam layanan amnesti pajak di kantor pelayanan pajak  antara Senin sampai Jumat dimulai  pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Sabtu dibuka pukul 08.00 – 14.00 waktu setempat. “Diharapkan dengan penambahan waktu layanan ini, masyarakat wajib pajak dapat lebih leluasa dan segera memanfaatkan amnesti pajak,” seperti dikutip redaksi.

Dari data dashboard dan monitoring amnesti pajak, terlihat antusias masyarakat yang terus meningkat setiap hari untuk mengikuti amnesti pajak. Dalam seminggu terakhir, tercatat kurang lebih 1000 surat pernyataan yang masuk ke kantor pelayanan pajak. Untuk itu, diharapkan penambahan jam layanan di hari Sabtu ini dapat mengakomodir antusias masyarakat.
Selain jam layanan di kantor pelayanan pajak, Hotline khusus untuk amnesti pajak (Tax Amnesty Service) di nomor telepon 1 500 745 dan Call Center Ditjen Pajak 1 500 200 juga buka pada hari Sabtu.