Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV Butuh Sokongan Percepatan Belanja APBN

Selasa 8 Nov 2022, 9 : 15 pm
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

INDEF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 5,3% di Kuartal IV mendatang.

Jika pemerintah ingin kembali mencetak rekor, ada tiga yang bisa dilakukan. “Pertama mempercepat belanja modal dan barang. Perlu ada terobosan yang cukup strategis, dengan waktu yang sangat terbatas dalam dua bulan bisa diselesaikan, kalau tidak sangat sia-sia SILPA yang besar tidak berarti pada masyarakat yang membutuhkan,” kata Tauhid.

Yang kedua, penyesuaian yang lebih moderat Suku Bunga Bank Indonesia mengikuti perkembangan inflasi yang sangat terpengaruh kondisi global.

“Yang terakhir, agar memang perlambatan ekonomi tidak terjadi, maka perlu penguatan pasar domestik untuk berbagai produk-produk yang memiliki daya saing di pasar global dan mempercepat industri substitusi impor di tengah kuatnya arus importasi beragam produk industri,” tandas Tauhid.

Kurangi Tekanan Inflasi

Sementara itu, Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengungkapkan pertumbuhan 5,72 persen di Kuartal III 2022 (yoy) merupakan ekspansi kuartal keenam berturut-turut dan laju terkuat sejak Kuartal II 2021 meski di bawah perkiraan.

“Angka realisasi tersebut di bawah perkiraan kami sebesar 6,0 persen yoy dan di atas konsensus pasar sebesar 5,6 persen,” terangnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

TCash dan Living World Berikan Diskon Belanja 50%

TANGERANG-Metoda pembayaran secara elektronik atau digital money, semakin digandrungi oleh

Perayaan Natal di Monas, Anies Hargai Umat Kristiani

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi ijin penyelenggaraan perayaan Natal