Alasan Sequis Selalu Menyuarakan Pentingnya Asuransi Jiwa

Tuesday 3 Oct 2023, 11 : 42 am
by
Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto

Oleh: Yan Ardhianto

Jika Anda sudah punya polis asuransi jiwa berarti Anda sepakat bahwa memang  kita perlu sedia payung sebelum hujan, yakni memproteksi finansial keluarga dalam jangka panjang agar tetap terkelola dengan baik dan sebagai jaring pengaman finansial dari risiko kehidupan yang tidak terduga, seperti  meninggal dunia.

Jika sudah diasuransikan maka jika terjadi risiko kehidupan tersebut, ada Uang Pertanggungan (UP) untuk Ahli Waris yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Menyambut Hari Asuransi Nasional tahun 2023,  berbagi tips yang dapat Anda jadikan  panduan jika ingin membeli asuransi jiwa.

◢ Tentukan jumlah Uang Pertanggungan (UP)  yang dibutuhkan

UP adalah sejumlah uang yang akan diberikan pihak asuransi kepada Tertanggung atau Ahli Waris (jika Tertanggung meninggal dunia).

Untuk itu, jangan asal memilih asuransi jiwa tanpa mempertimbangkan besaran UP yang nantinya bermanfaat bagi keluarga.

Jika Anda ingin mendapat UP maksimal dengan premi minimal dapat mempertimbangkan asuransi tradisional.

Namun, jika ingin berasuransi sekaligus berinvestasi bisa mempertimbangkan asuransi unit link.

Hasil investasinya bersifat berfluktuasi tergantung kondisi pasar.

Jika kondisi  bagus bisa menikmati hasil investasi yang lebih tinggi dari tabungan biasa, tetapi UP pada asuransi unit link tergolong rendah atau lebih kecil dari asuransi jiwa tradisional.

“Saat mendiskusikan UP dengan agen asuransi, sampaikan informasi jumlah pendapatan, jumlah anggota keluarga yang ditanggung dan diskusikan juga perkiraan nafkah minimal yang akan dibutuhkan keluarga per bulan dalam kurun waktu tertentu dan biaya yang dibutuhkan sampai anggota keluarga atau anak bisa mandiri,” sebut Yan.

◢ Besaran premi sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial

Premi adalah jaminan bahwa polis tetap berlaku hingga nantinya jika terjadi risiko yang dapat ditanggung sesuai ketentuan polis maka UP dapat cair.

Jika Anda disiplin melakukan perencanaan keuangan akan lebih mudah memutuskan besaran premi karena Anda sudah menghitung dan memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,  membayar cicilan, menabung, dana darurat, dan kebutuhan masa depan.

◢ Siapa yang Menjadi Tertanggung

Tertanggung adalah orang yang mendapatkan jaminan kerugian dari perusahaan penyedia asuransi jiwa ketika terjadi risiko. Idealnya yang menjadi Tertanggung adalah yang memiliki nilai ekonomi atau pencari nafkah utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPO

Tetapkan Harga IPO Rp100 per Saham, Janu Putra Sejahtera Raup Dana Rp80 Miliar

JAKARTA-PT Janu Putra Sejahtera Tbk (AYAM), calon emiten bidang usaha

2021 Momentum Positif Pemulihan Ekonomi Indonesia

JAKARTA-Pemerintah optimis momentum perbaikan ekonomi pada kuartal I tahun 2021