Sosialisasi 4 Pilar, Anas Tahir: Kumpulan Nilai Luhur Untuk Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Friday 19 May 2023, 7 : 45 pm

BANYUWANGI-Perkembangan teknologi digital membuat kecepatan informasi makin tak bisa dibendung.

Sehingga kehidupan ketatanegaraan akan terpengaruh dengan dunia digital, artinya wawasan kebangsaan perlu terus diperkuat.

“Kita harus memahami bahwa Empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai kumpulan nilai-nilai luhur dan bisa menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil dan makmur,” kata Anggota MPR RI, Sy Anas Tahir dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren, Banyuwangi, Jumat (19/5/2023).

Lebih jauh Anas mengakui bahwa posisi Empat Pilar MPR RI, tidaklah memiliki kedudukan yang sederajat.

Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda.

“Pada prinsipnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada di atas tiga pilar yang lain,” ujarnya lagi.

Legislator dari Dapil Jatim III ini menjelaskan bahwa Empat pilar menjadi syarat bagi bangsa untuk berdiri kukuh berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

“Kita harus meyakini bahwa empat pilar ini adalah prinsip moral ke-Indonesiaan yang memandu kita supaya kehidupan bangsa yang terus bersatu bisa tercapai,” papar mantan Wakil Sekjen PBNU.

Politisi PPP ini menyarankan agar sesama anak bangsa selalu saling berjaga jika muncul kekuatan dari pihak-pihak tertentu yang berupaya mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi lain.

“Karena itu adalah ancaman serius yang perlu diwaspadai,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut anggota Komisi IX DPR, guna menghadapi ancaman tersebut, diperlukan adanya suatu konsep penanaman wawasan kebangsaan yang kuat kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mudah dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran bersifat materialis yang hendak menghancurkan ideologi bangsa.

“Salah satu upaya menanamkan wawasan kebangsaan ya seperti hari ini kita bersosialisasi,” pungkasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenpar Luncurkan Top 4 Calendar of Event NTT 2018

JAKARTA-Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) meluncurkan

Inggris Berambisi Kalahkan Jerman

LONDON – Striker Tim Nasional (Timnas) Inggris Wayne Rooney yakin,