Jualan “Kecap Merk Perubahan” Anies Baswedan Hanya Sampah

Wednesday 10 May 2023, 11 : 14 am
by
Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh

JAKARTA -Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai, ibarat menjual kecap bermerek perubahan, gagasan Anies Baswedan menghadirkan perubahan untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 hanya menjadi sampah belaka.

Pasalnya, gagasan tersebut kontradiktif dengan posisi salah satu partai pendukungnya yaitu Partai Nasdem yang masih berada di koalisi Pemerintahan Jokowi.

Kontradiksi itu akan membuat baik Anies Baswedan maupun Partai Nasdem akan dicibir oleh rakyat.

Demikian diungkapkan Arifki Chaniago dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu 10 Mei 2023.

“Gagasan perubahan dan keberlanjutan itu tentu saling berlawanan. Secara elite ide ini sudah membangun tesis dan antitesis sendiri sehingga antara Jokowi dan Anies tidak bisa disatukan. Selain itu, dari sisi pemilih kedua isu ini bakal saling bersebrangan”, ujar Arifki Chaniago.

Menurut Arifki Chaniago, gagasan perubahan Anies Baswedan akan berbunyi lebih kuat di masyarakat bila NasDem keluar dari pemerintahan Jokowi.

Sebaliknya, jika Nasdem tidak lagi di pemerintahan Jokowi maka Anies bakal terang benderang mengkampanyekan ia sebagai bagian berbeda dari pemerintahan Jokowi pasca 2024.

Namun, kata dia, NasDem bakal sulit menerima kenyataan bahwa mereka begitu cepat keluar dari koalisi pendukung pemerintah karena berjasa besar dalam membesarkan Jokowi hingga terpilih sebagai presiden selama dua periode.

NasDem bakal dianggap meninggalkan Jokowi jika memundurkan diri dari pemerintahan.

Dan, jika NasDem dipecat oleh Jokowi dari kabinet maka sama saja Jokowi memberikan bahan bakar perlawanan terhadap Anies.

“Keluar dan dipecatnya NasDem di pemerintahan Jokowi tidak lah perkara mudah. Baik itu dari sisi Jokowi atau pun dari sudut pandang NasDem. Risiko dan narasi yang terbangun bakal saling merugikan jika salah memilih antara keluar sendiri atau dipecat”, ujar Arifki.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

17 WNI Tewas Tenggelam Di Lepas Pantai Malaysia

JAKARTA-Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan  17 Warga Negara

Pemerintah Jaga Stabilitas Saat Terjadi Gejolak Harga Beras di Pasar

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24