Audensi ke Presiden, Komisioner OJK Ingatkan Waspadai Perkembangan Global

Friday 31 Oct 2014, 1 : 16 pm
by

JAKARTA-Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad melakukan audensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kesempatan itu, OJK melaporkan kondisi terakhir kesehatan industri keuangan nasional, dan menyampaikan perlunya memperhatikan beberapa faktor perkembangan ekonomi global dan domestik. “Stabilitas industri keuangan dalam keadaan baik tetapi kita dituntun untuk tetap waspada terhadap dampak perkembangan ataupun berbagai macam kebijakan yang ditempuh oleh berbagai otoritas di tingkat global,” ungkap Muliaman dalam konperensi pers seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, (31/10).

Turut mendampingi Muliaman adalah Wakil Ketua OJK, Rachmat Waluyanto, dan sejumlah komisioner lainnya.

Dari pihak pemerintah, Menko Perekonomian Sofyan Jalil, Menteri Keuangan Bambang Sumantri Brodjonegoro dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno juga turut mendampingi Presiden Jokowi.

OJK juga menyampaikan bahwa pasar modal nasional kini sudah menjadi salah satu penyedia utama sumber pembiayaan jangka panjang.  Muliaman menyebutkan, agenda pokok dari kegiatan di pasar modal adalah memperdalam pasarnya, memperbanyak jumlah yang listed, mendorong mobilisasi dana dengan cara menerbitkan surat utang di pasar modal dan yang tidak kalah pentingnya mengedukasi calon investor sehingga pasar kita menjadi pasar yang modern, kredibel, dan memiliki integritas yang baik.

Kemudian di pasar industri keuangan bukan bank, termasuk asuransi, dana pensiun, perusahaan pembiayaan, OJK melaporkan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik dan memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang yang sangat besar. “Mereka bisa memberikan alternatif pembiayaan dan investasi yang kita perlukan. Kita akan memberikan keleluasaan yang lebih banyak kepada perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan untuk bisa kontributif terhadap pembangunan ekonomi nasional,” paparnya.

Terkait dengan audensi ini, Muliaman menjelaskan kedatangannya  bersama Komisioner OJK lainnya untuk menghadap Presiden Jokowi adalah untuk memperkenalkan diri. “Kami memperkenalkan diri dan melaporkan progress yang sudah dicapai dan tantangan yang masih perlu dikerjakan bersama di dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas kementerian yang sudah diagendakan,” kata Muliaman Hadad dalam konperensi pers seusai bertemu Presiden Jokowi.

Menko Perekonomian Sofyan Jalil menambahkan, bahwa  Presiden Jokowi mengapresiasi upaya OJK terutama bagaimana mempromosi dan melibatkan masyarakat lebih banyak ke dalam sistem keuangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IBH Terpilih Menjadi Ketua Komisi IV DPRD Jabar

BANDUNG-Paripurna DPRD Jawa Barat selasa ini 15 Oktober 2019 tentang

ADRO Siap Bangun Smelter Aluminium Senilai USD728 Juta

JAKARTA-PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melalui PT Adaro Aluminium Indonesia