BEI Masukkan Empat Saham ke Daftar Efek Margin, Lima Saham Didepak

Thursday 30 Sep 2021, 10 : 35 pm
by
suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN
ilustrasi

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan daftar efek yang dapat ditransaksikan dan dijaminkan dalam rangka transaksi margin.

Terdapat empat saham baru yang masuk ke dalam Daftar Efek Margin, sedangkan yang dikeluarkan sebanyak lima saham.

Menurut Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy dalam Pengumuman Bursa yang dipublikasi di Jakarta, Kamis (30/9), BEI telah menetapkan daftar Efek yang dapat ditransaksikan dan dijaminkan dalam dangka transaksi marjin untuk periode perdagangan Oktober 2021.

Penetapan Daftar Efek Margin tersebut sejalan dengan upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI dalam menjaga keberlangsungan pasar agar tetap kondusif di tengah kondisi pasar modal global maupun pasar modal Indonesia yang sedang mengalami tekanan sebagai dampak dari penetapan kondisi darurat wabah Covid-19 oleh pemerintah.

Irvan menyampaikan bahwa BEI juga menegaskan kembali bahwa tidak terdapat daftar Efek yang dapat ditransaksikan secara short selling sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Adapun empat saham yang baru dimasukkan ke dalam Daftar Efek Margin, yakni MLPL, PSSI, SGER dan TRJA.

Sedangkan, lima saham yang dikeluarkan adalah ITIC, LTLS, PSAB, SMSM dan TRUK.

Total saham di Daftar Efek Margin sebanyak 185 Efek yang bisa ditransaksikan secara margin oleh Anggota Bursa (AB) dengan MKBD senilai Rp250 miliar atau lebih.

Sementara itu, daftar Efek yang dapat ditransaksikan secara marjin oleh AB yang memiliki MKBD kurang dari 250 miliar (mengacu pada Daftar Efek Margin 185 saham) dan masuk ke dalam daftar saham penghitungan Indeks LQ45, ada sebanyak 44 saham.

Sebagaimana diketahui, saat ini saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) masuk ke dalam Indeks LQ45 untuk periode 29 September 2021-Januari 2022.

Keputusan BEI memasukkan BUKA ke Indeks LQ45 tersebut dengan memanfaatkan kebijakan baru, Fast Entry.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

LIPI: Jokowi Memainkan Politic Harmony

JAKARTA-Masuknya Prabowo ke dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) 2019-2024 tentu

Cegah Corona, Rw 05 Taman Wisma Asri Gandeng Versus Zone

BEKASI-Menangkal penyebaran virus corona, sejumlah warga di RW 05 Taman