Belanting River Tubing Dinobatkan sebagai Desa Wisata Sumsel

Friday 11 Aug 2023, 9 : 24 am
by
Mitra CSR Pertamina Geothermal Energy Area Lumut Balai, yaitu Belanting River Tubing yang dinobatkan sebagai Juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung pada ajang Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023.

LUMUT BALAI– Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru memberikan penghargaan Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023 kepada Desa Kelumpang sebagai Juara 1 kategori Daya Tarik Pengunjung.

Turut hadir dalam acara ini, perwakilan pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah diwakili Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, SE, Ak, M.Pd, beserta dinas terkait, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Selatan, dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru  mengucapkan selamat sekaligus ungkapan terima kasih kepada Desa Kelumpang, yang tanpa henti berupaya untuk berinovasi dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Dengan memadukan pesona alam dan inovasi dalam industri pariwisata, Desa Kelumpang mampu memelihara kekayaan seni budaya dan warisan lokal.

“Semoga pencapaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya di Sumatera Selatan dalam melakukan hal serupa,” ucapnya.

Desa Kelumpang merupakan salah satu desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Desa ini menawarkan atraksi wisata air yaitu Belanting River Tubing, sebuah destinasi yang terletak di sepanjang Sungai Ogan.

Keunikan ini menarik perhatian para wisatawan, menjadikan Desa Kelumpang sebagai Desa Wisata pada tahun 2023.

Di desa ini juga terdapat beberapa program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PGE untuk mendukung masyarakat di wilayah tersebut, antara lain kelompok kerajinan bambu, kelompok budidaya durian, dan kelompok budidaya kopi Ulu Ayahk.

Sejak tahun 2021, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Area Lumut Balai meluncurkan program pemberdayaan masyarakat yang dimulai dengan memberikan pelatihan kemandirian kepada Karang Taruna.

Kelompok ini menjadi motor penggerak dalam mengembangkan obyek wisata body rafting Santirah Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pertamina Mampu Kelola Blok Mahakam

JAKARTA-Pengamat energi Kurtubi yakin PT Pertamina mampu mengelola blok Mahakam

Ekonomi Warga Panunggangan Barat Terganggu, DPR Gerah Terhadap Pemkot Tangerang

JAKARTA-Kalangan DPR mulai gerah dengan sikap dan kebijakan Pemkot Tangerang