Berencana Bayar Utang ke BMRI, BSML Rights Issue 400 Juta Saham

Wednesday 14 Jun 2023, 2 : 39 pm
by
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

JAKARTA-PT Bintang Samuder Mandiri Lines Tbk (BSML) berencana melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PM-HMETD) alias rights issue maksimal 400 juta saham baru.

Berdasarkan Prospektus Ringkas terkait rencana rights issue BSML yang dikutip Rabu (14/6), harga pelaksanaan aksi korporasi tersebut ditetapkan senilai Rp300 per saham, sehingga perseroan bisa menghimpun dana sebanyak-banyaknya 120 miliar.

Perlu diketahui, pemegang saham pengendali BSML, yakni PT Goldfive Investment Capital sudah menyatakan untuk menebus 186.471.288 HMETD.

Sementara itu, para pemegang saham yang ingin menambah kepemilikannya di BSML wajib tercantum di Daftar Pemegang Saham (DPS) pada 13 Juli 2023.

Dalam keterangannya, pemegang 46.255.625 saham lama yang tercatat di DPS BSML berhak atas 10 juta HMETF.

Sedangkan, setiap satu HMETD dapat bisa membeli satu saham baru.

Adapun perdagangannya dilakukan selama kurun 17-27 Juli 2023.

Namun demikian, apabila Goldfive Investment Capital yang menebus haknya, maka porsi kepemilikannya sebagai pengendali BSML meningkat menjadi 51,51 persen dari posisi saat ini sebesar 46,62 persen.

Rencananya, seluruh dana yang berhasil dihimpun melalui mekanisme rights issue ini akan digunakan oleh BSML untuk melunasi seluruh dan/atau sebagian pokok utang kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). Namun jika masih terdapat sisa, maka dana tersebut akan dimanfaatkan sebagai modal kerja BSML

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ferran Torres: Saya Akan Culik Ousmane Dembele

FRANKFURT-Penyerang Barcelona Ferran Torres mengaku akan menculik Ousmane Dembele agar

Sinarmas World Academy Wakafkan 420 Al Quran

TANGERANG-Sinarmas World Academy (SWA) mewakafkan 420 Al Quran dari 100