Bertemu Sekjen AIPA, Puan Tekankan Dukungannya untuk Kaum Muda ASEAN

Tuesday 9 May 2023, 2 : 32 pm
by
Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan courtesy call dengan Sekertaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman

LABUAN BAJO-Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan courtesy call dengan Sekertaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman di sela-sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Pertemuan keduanya berlangsung di Plataran Komodo Resort And Spa yang berada di kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (9/5/2023) siang.

Dalam pertemuan dengan Sekjen forum parlemen Asia Tenggara tersebut, Puan menyatakan dukungannya terhadap Youth Standing Committee, sebuah komite yang berada di bawah AIPA.

Menurutnya, Youth Standing Committee dapat memajukan kualitas generasi muda terkait pemanfaatan dan teknologi digital.

“Komite ini akan mewadahi partisipasi aktif kaum muda dalam pembangunan ASEAN. Tujuannya untuk mengumpulkan gagasan, pendapat dan aspirasi dari kaum muda yang merupakan pemimpin di masa depan,” kata Puan.

Cucu Bung Karno ini pun menekankan pentingnya partisipasi para pemuda di Asia Tenggara dalam setiap resolusi yang akan digagas oleh Youth Standing Commite.

Puan juga mendorong agar gagasan dari komite tersebut diadopsi dalam AIPA General Assambly ke-44 yang akan diselenggarakan pada 5-10 Agustus 2023 di Jakarta.

Resolusi tersebut diharapkan akan menjadi panduan bagi negara-negara anggota AIPA dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan para pemuda di kawasan ataupun di luar kawasan.

“Resolusi ini harus membahas berbagai isu penting yang berkaitan dengan para pemuda di Asia Tenggara, seperti pendidikan, kesempatan kerja, kewirausahaan, akses ke teknologi dan informasi, hak asasi manusia serta keberlanjutan lingkungan,” ungkapnya.

Selain itu, Puan juga menyoroti bergabungnya Timor Leste dalam keanggotaan ASEAN. Seperti diketahui, sebelum resmi menjadi anggota ASEAN pada tahun 2022, Timor Leste telah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pembangunan Kampus UIII Depok Habiskan Dana Rp 1,2 Triliun

JAKARTA-Pemerintah tengah membangun Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebagai

BTN Bukukan Laba Bersih Rp 402 Miliar

JAKARTA- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan kinerja perseroan