BI Ajak Generasi Milenial Jadi Agen Perubahan Kebangkitan UMKM

Thursday 26 Nov 2020, 11 : 13 pm
by
Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial menjadi agen perubahan dalam mendobrak bangkitnya produk-produk lokal kreatif dan inovatif UMKM dalam ekosistem ekonomi digital.

Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi motor penggerak usaha lokal dan UMKM, generasi milenial harus memiliki rasa cinta dan bangga terhadap produk buatan Indonesia.

Demikian disampaikan Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, pada kegiatan Festival Edukasi Bank Indonesia (FESKABI) hari pertama dengan topik “Strengthening Local Brand Through Digital Economy” yang digelar secara virtual di Jakarta (25/11).

Lebih lanjut ia menyampaikan tren aktivitas digital yang meningkat harus dimanfaatkan sebagai peluang khususnya dalam memajukan UMKM Indonesia.

Untuk terus mendukung kemajuan perekonomian khususnya melalui platform digital, BI telah mempersiapkan berbagai inovasi kebijakan untuk mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Hadirnya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang kini telah dipergunakan oleh lebih dari 5 juta merchant di seluruh Indonesia membantu memperluas akses pelaku UMKM dalam melakukan usaha secara digital sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

BI juga memfasilitasi program onboarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital.

Mengusung tema besar “Yuk, Manfaatkan Transaksi Digital untuk Kemajuan Ekonomi Nasional!”, FESKABI 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada 25-27 November 2020 diharapkan dapat meningkatkan pemahaman generasi milenial tentang kebijakan terkini BI.

Turut hadir sebagai pembicara, Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, Axton Salim, CEO & Founder BLP Beauty, Lizzie Parra, dan CBO & Co-founder Kopi Kenangan, James Prananto, dan Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan. FESKABI (dulu merupakan BI Goes To Campus) adalah kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diselenggarakan BI secara rutin sejak tahun 2013 mengenai fungsi, tugas dan kebijakan terkini Bank Indonesia kepada generasi milenial khususnya mahasiwa di berbagai kota di Indonesia.

Selain kegiatan sosialisasi dan edukasi, rangkaian FESKABI juga memperlombakan kompetisi konten digital yaitu vlog, video satu menit, video animasi, blog, dan komik, yang dibuka sejak 24 November 2020 lalu sampai 31 Januari 2021 dan terbuka untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laba Bersih IPCM Naik 14,2%, Pendapatan Tumbuh Jadi Rp 213,1 Miliar

JAKARTA-PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) pada triwulan pertama

BI rate Turun Tak Perlu Cemas Capital Flight

JAKARTA-Kalangan DPR dapat memahami penurunan BI rate menjadi 6,5% yang