BI: Cadangan Devisa Per Agustus 2017 Diyakini Tercatat Positif

Friday 8 Sep 2017, 2 : 39 pm
by
cadangan devisa
Ilustrasi Cadangan Devisa

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menyampaikan, posisi cadangan devisa indonesia per akhir Agustus 2017 mencatatkan hasil positif, namun besaran cadev tersebut akan diumumkan secara resmi pada sore ini.

Menurut Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, sejauh ini BI belum secara resmi mengumumkan nilai cadev per akhir Agustus 2017. “Tetapi, cadangan devisa kita bagus. Saya tidak ingat angkanya. Tunggu saja nanti jam empat sore (16.00 WIB-),” kata Mirza di Jakarta, Jumat (8/9).

Sebagaimana diketahui, cadev per akhir Juli 2017 tercatat sebesar US$127,76 miliar atau meningkat dibandingkan posisi di akhir Juni 2017 yang hanya senilai US$123,09 miliar. Nilai cadev Juli tersebut cukup untuk membiayai 9 bulan impor atau 8,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Lebih lanjut Mirza mengatakan, pola apresiasi rupiah dalam beberapa hari terakhir akan memicu meningkatkan impor. “Rupiah yang terlalu kuat membuat orang melakukan impor terus dan cenderung menjadi tidak melakukan produksi di dalam negeri. Kemudian impor saja,” paparnya.

Sementara itu, kata dia, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang terlalu lemah juga tidak baik bagi perekonomian domestik. “Rupiah terlalu lemah tidak bagus buat yang mempunyai kewajiban valuta asing dan importir,” ujar Mirza.

Ilustrasi Cadangan Devisa

Namun demikian, jelas dia, BI akan terus berupaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah agar sesuai dengan fundamentalnya. “Bagi BI, yang penting rupiah stabil. Saya rasa bagi para pelaku usaha juga begitu,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DJP, Perum Peruri, dan PT Pos Indonesia Kembali Gelar Sosialisasi Bea Meterai

JAKARTA-Direktorat Jenderal Pajak bersama Perum Peruri dan PT Pos Indonesia

26 Pengusaha Tuntut Lapindo Lunasi Ganti Rugi Rp 200 M

SIDOARJO –Sebanyak 26 pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Korban