BMO Graha Inti Fauzi Gelar Simulasi Evakuasi Kebakaran

Thursday 11 Dec 2014, 3 : 45 pm
by
Gedung Graha Inti Fauzi

JAKARTA-Building Management Office Graha Inti Fauzi (BMO GIF)  menggelar simulasi evakuasi kebakaran sebagai bentuk kepedulian akan pentingnya peningkatan kesadaran karyawan terhadap fungsi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), khususnya dalam mengatasi bahaya kebakaran secara cepat dan tepat.  

Simulasi yang digelar di kantor GIF Jl. Buncit Raya No. 22, Pejaten, Jakarta Selatan ini merupakan hasil kerjasama Suku Dinas  Pemadam Kebakaran Jakata Selatan dengan BMO GIF.

“Kami sangat peduli dengan keselamatan karyawan, tenant dan masyarakat disekitar GIF. Untuk itulah, Manajemen GIF  menyelenggarakan simulasi evakuasi bencana kebakaran secara rutin sebagai salah satu bekal untuk menghadapi bencana jika sampai terjadi suatu saat nanti,” ujar Operations Manager BMO GIF, Herinoko di Jakarta, Kamis (11/12).

Menurutnya, beberapa perusahaan yang ada di GIF  seperti PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia, PT Mitsui Leasing Capital Indonesia serta beberapa perusahaan lainnya juga terlibat aktif dalam latihan evakuasi ini.

Para penyewa GIF dilibatkan langsung dalam latihan evakuasi ini dengan pro aktif menjadi floor warden.  

“Para floor warden serius dalam menjalankan tugasnya pada saat hari H,” urainya.

Selain itu, dia menjelaskan, kegiatan ini melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di bawah pengawasan TNI & Badan Pembinaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di bawah pengawasan POLRI.

“Mereka akan berkoordinasi keamanan, dan ketertiban di lingkungan sekitar GIF,” ujarnya.

Dia menambahkan, simulasi ini penting dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan karyawan bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Apalagi hingga saat ini,  kebakaran merupakan salah satu bencana yang tidak bisa dihindari.

Sementara efek dari kebakaran bisa mempengaruhi kehidupan sekitar.

“Melalui latihan evakuasi ini, semua karyawan bisa memahami satu hal bahwa bencana kadang tak pernah dapat diduga kapan datangnya dan setiap usaha evakuasi bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, sehingga karyawan dibekali pengetahuan yang cukup bagaimana harus bertindak untuk tetap tidak panik saat menghadapi bencana,”  ucapnya.

Satu lagi, tuturnya  melalui latihan ini karyawan diajak untuk belajar tidak bersikap egois dan mementingkan diri sendiri. Namun sebaliknya memiliki hati yang peduli terhadap sesama dan lingkungan di sekitarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan latihan evakuasi ini secara rutin digelar MBO GIF sebanyak satu kali setiap tahun. 

BMO GIF sendiri telah menggelar latihan evakuasi sejak 2015 lalu.

Agenda rutin BMO GIF ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pihak manajemen tentang pentingnya keselamatan kerja.

“Dengan demikian, karyawan dapat bertindak cepat, sesuai prosedur, sehingga saat kebakaraan melanda, seluruh karyawan/tenant  GIF dapat terevakuasi dengan baik,” jelasnya.

Dia mengaku, BMO GIF juga sudah mempersiapkan berbagai Prosedur Penanganan Standar (SOP) situasi darurat guna mengantisipasi berbagai kemungkinan situasi darurat.

Di antaranya dengan pemeliharaan dan pengecekan kelengkapan peralatan penunjang keselamatan hingga pelatihan pelaksanaan Prosedur Tanggap Darurat di  GIF.

“Sarana penunjang keselamatan seperti Fire Evacuation Box juga sudah tersedia di GIF,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tahun Politik, Dikhawatirkan Berita Hoax Kembali Marak

JAKARTA-Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 diprediksi akan diwarnai

Commonwealth Life Gelar “The Joy to Give Others”

JAKARTA-Menyambut bulan Desember yang penuh kasih, Commonwealth Life berbagi kepada