BTN Jual Surat Utang Rp 5 T

Tuesday 13 Jun 2017, 12 : 02 pm
ilustrasi

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menjual surat utang senilai Rp5 triliun. Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) BTN dengan target Rp 10 triliun, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pendanaan jangka panjang dan potensi peningkatan kredit sampai akhir tahun. “Seluruh dana yang diperoleh dari hasil emisi obligasi ini akan digunakan untuk mendanai ekspansi kredit Bank BTN yang masih prospektif, sekaligus dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah,” kata Direktur Bank BTN, Adi Setianto, di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Selasa (13/6/2017)

Obligasi Berkelanjutan III Bank BTN Tahap I Tahun 2017 ini akan diterbitkan dalam 4 seri. Di antaranya, Seri A bertenor 3 tahun dengan kupon berkisar 7,65%-8,3%% dan Seri B dengan tenor 5 tahun ditawarkan kupon sekitar 7,95%-8,5%. Kemudian, Seri C memiliki tenor 7 tahun dengan bunga berkisar 8,2%-8,7%, dan Seri D bertenor 10 tahun dengan kupon 8,3%-8,9%.

Masa penawaran awal instrumen ini dimulai pada 13-19 Juni 2017. Kemudian, masa penawaran umum yakni pada 3-7 Juli 2017 dan jadwalnya akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 13 Juli 2017.

Untuk penerbitan surat berharga ini, BTN menunjuk BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, CIMB Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, DBS Vickers Sekuritas Indonesia, Indo Premier Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, dan Trimegah Sekurtias Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi. Selain itu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ditunjuk sebagai Wali Amanat dalam penerbitan instrumen tersebut.

“Bank BTN terus berupaya menghimpun pendanaan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada tersebut. Kami yakin obligasi ini akan diserap oleh pasar sebagaimana obligasi-obligasi lainnya. Kami yakin dengan struktur yang ditawarkan, obligasi ini bisa diserap oleh pasar,” tukas Adi.

Sebagai informasi, secara total emiten berkode saham BBTN ini telah 21 kali menerbitkan obligasi dan 1 kali menerbitkan obligasi subordinasi. Dari keseluruhan obligasi tersebut, hingga kini total obligasi yang telah lunas dan jatuh tempo sebesar Rp 6,1 triliun, sedangkan total outstanding yang jumlah pokoknya belum dilunasi yakni sekitar Rp 12,95 triliun.

Adapun hingga April 2017, BTN mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 18% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 170,45 triliun. Pertumbuhan tersebut di atas rata-rata pertumbuhan kredit perbankan nasional di level 9,3% yoy per April 2017. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sekjen DPD RI Serahkan 96 P3K Ikuti Diklat Latsar ke Rindam Jaya

JAKARTA – Sekretariat Jenderal DPD RI melepas 96 orang Pegawai Pemerintah

Hasil Investasi Naik 85,3%, Laba Bersih TUGU Melonjak Jadi Rp458,7 Miliar

JAKARTA-Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk