Cak Nanto: Jangan Sampai Putusan MK Delegitimasi Hasil Pemilu

Tuesday 24 Oct 2023, 6 : 53 am
by
Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Irar Nusa Bhakti (baju batik)

JAKARTA-Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sunanto alias Cak Nanto mengatakan, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sudah diketok maka mau tidak mau harus melaksanakannya.

“Meski begitu kita harus melihat keputusan ini di medsos bias dengan kepentingan,” kata Cak Nanto yang juga mantan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah 2018-2022, dalam Acara Diskusi Media bertema MK dan Aparat Negara 2024 yang digelar Media Center TPN Ganjar-Mahfud, di Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 23 Oktober 2023.

Menurut Cak Nanto, kelanjutan dari putusan MK itu mekanisme itu harusnya ada prosedur ke DPR tapi sepertinya KPU tidak melakukan prosedur itu dan malah langsung melaksanakan.

“Putusan MK itu langsung akan menimbulkan debatable terus bermasalah. Mekanisme hukum harus dilakukan sebagaimana sesuai prosedur hukum,” kata dia.

Cak Nanto menegaskan, jangan sampai karena alibi hukum berbeda arah dukungan politik kemudian bisa mendelegatimasi hukum.

“Jangan sampai menabrak mekanisme hukum mau jadi apa negara ini. Mau pakai apa? Apa mau pakai surat pemberitahuan saja,” kata dia.

Cak Nanto berharap semoga penyelenggara pemilu ikut menyuarakan jangan sampai ada kelompok mengkerdilkan hukum.

“Jangan karena ini sudah diputus lalu mau dilabrak semua itu. Sebab turunannya masih ada banyak. Bila pedoman hukum ada maka pedoman teknis harus ada,” kata Cak Nanto.

Kemudian soal netralitas aparat negara, Cak Nanto mengatakan, sebenarnya semua sudah selesai dengan adanya larangan aparat berpihak.

“Terpenting adalah bagaimana menjaga moral etik netralitas aparat. Saya berharap netralitas aparat negara benar benar dijaga. Ini satu satunya pemilu yang diharapkan kita, memilih pemimpin menyongsong Indonesia emas,” kata Cak Nanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dialog, Kunci Penyelesaian Konflik Papua

JAKARTA-Terbunuhnya sekitar 7 personel TNI di Papua menandakan pemerintah harus

DBS Treasures Hadirkan Strategi Manajemen Kekayaan Sesuai Kebutuhan Nasabah

JAKARTA-Bank DBS Indonesia melihat peluang yang cukup besar di segmen