Dari KTT Asean 42, Puan: AIPA Message Jadi Komitmen Atasi Tantangan Kawasan

Tuesday 9 May 2023, 2 : 29 pm
Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA-Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani akan menjadi Wakil Parlemen Negara Asia Tenggara yang akan menyampaikan pesan dari ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.

Momen ini menyusul posisi Puan sebagai Presiden AIPA tahun 2023 ini.

Sebagai forum parlemen negara-negara se-Asia Tenggara, AIPA menduduki posisi penting dalam agenda KTT ASEAN.

Rencananya, KTT ASEAN ke-42 akan digelar di Labuan pada 9-11 mei 2023.

Di dalamnya, terdapat sesi pleno antara pimpinan negara ASEAN dengan AIPA lewat agenda Interface ASEAN-AIPA. Interface ASEAN-AIPA merupakan forum penting untuk membangun dialog sekaligus kerja sama antara para pemimpin negara dan parlemen ASEAN yang tergabung dalam AIPA.

Puan, momen ini menjadi berharga kerena setiap pemimpin dan parlemen bisa saling bertukar pandangan mengenai berbagai isu yang dihadapi kawasan serta strategi untuk mengatasinya.

“Parlemen yang lebih responsif diharapkan mampu memberikan dukungan legislatif dalam mendorong pemerintah mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam menanggapi perkembangan dan tantangan yang dihadapi,” ungkap Puan, Senin (8/5/2023).

Sebelum agenda Interface ASEAN-AIPA dilaksanakan, perwakilan parlemen anggota AIPA dan delegasinya akan mengadakan pertemuan persiapan atau Preparatory Meeting.

Dalam Preparatory Meeting ini, seluruh delegasi yang hadir akan meninjau draf awal pesan AIPA atau AIPA Message yang disiapkan oleh Sekretariat AIPA dan negara tuan rumah.

Puan menjelaskan, AIPA Message nantinya akan menjadi inti dari hal-hal yang menurut Ketua Parlemen Anggota AIPA perlu menjadi perhatian dari Pemimpin ASEAN yang saat ini dikeketuai Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bupati Jember Absen, LaNyalla Kecewa Kepala Daerah Tak Dorong Perusahaan Berorientasi Ekspor

JEMBER-Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Kemendes PDTT Ajak Pos Indonesia Distribusikan Produk Unggulan Daerah Tertinggal

JAKARTA–Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja