Menjaga Daya Beli Masyarakat Jadi Kunci Lolos Dari Hantaman Krisis Global  

Wednesday 26 Oct 2022, 8 : 37 pm
menjaga daya beli masyarakat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Kanan)

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat pujian dari lembaga CSIS Kawasan Asia Tenggara atas kiprahnya sebagai Menko, dalam menstabilkan perekonomian Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 dan krisis multidimensi global.

Sejumlah langkah strategis diambil pemerintah Indonesia dan dijalankan Airlangga, sehingga membawa Indonesia tetap terjaga pertumbuhan ekonominya di masa pandemi.

“Saya percaya bahwa pada masa-masa perlambatan ekonomi adalah kesempatan bagi negara-negara seperti Indonesia untuk melakukan reformasi struktural. Reformasi yang mungkin bisa membutuhkan waktu 70 tahun untuk menyelesaikannya, namun Indonesia bisa melakukannya selama pandemi Covid-19 sehingga ketika pandemi hampir berakhir, kami mulai melakukan restrukturisasi dan reformasi ekonomi,” kata  Menko Airlangga, Rabu (26/10/2022).

Airlangga, kata pakar Perdagangan Ekonomi Dunia dan Politik Internasional UGM Riza Noer Arfani, dalam kunjungan tersebut membawa dua pesan.

“Pertama, untuk masyarakat internasional, terutama untuk mengundang calon-calon investor ke dalam negeri. Kedua, arahnya domestik, untuk meyakinkan para pelaku ekonomi, bahwa ekonomi kita cukup resilience di tahun depan,” tegas Riza, Rabu (26/10/2022).

Dalam paparannya, Menko Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini, menyebutkan salah satu lesson learned yang diperoleh Indonesia di masa pandemi yakni, dalam situasi ekonomi yang sulit, pendekatan kebijakan harus fleksibel dengan semua instrumen kebijakan yang harus siap dan memiliki kapasitas maksimal.

Diantaranya dalam kapasitasnya sebagai Ketua KPC-PEN, ada sejumlah program sukses seperti layanan digital kesehatan, Kartu Pra Kerja dan beragam bentuk bantuan untuk masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Raih Opini WTP Dari BPK

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima secara resmi Laporan Hasil Pemeriksaan

Dorong Inklusi Keuangan, OJK Bentuk TPAKD Kabupaten Malang

MALANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Kabupaten Malang Jawa Timur