Menjaga Daya Beli Masyarakat Jadi Kunci Lolos Dari Hantaman Krisis Global  

Rabu 26 Okt 2022, 8 : 37 pm
menjaga daya beli masyarakat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Kanan)

“Beberapa juga beberapa tantangan yang kita ke depan seperti geopolitik atau krisis yang saat ini juga memberikan dampak terhadap harga bahan baku dan juga harga energi. Ini juga perlu di-address oleh Kemenko,” lanjutnya.

Andry juga menyoroti beberapa persoalan dalam kawasan ekonomi khusus (KEK).

Menurutnya, hingga saat ini beberapa KEK tidak terlalu berhasil. Hal itu patut dijadikan catatan tersendiri oleh pemerintah.

“Ada beberapa kawasan ekonomi khusus yang cukup laku, tetapi banyak juga kawasan ekonomi khusus yang saya melihatnya masih yang masih tertinggal. Dan belum ada evaluasi yang secara menyeluruh oleh Kemenko. Padahal Kemenko sendiri kan yang punya urusan terkait dengan kawasan ekonomi khusus tersebut,” tuturnya.

Selain itu, masih ada serangkaian permasalahan yang masih terjadi. Salah satunya adalah insentif fiskal dan non fiskal masih belum tersalurkan di kawasan-kawasan tersebut.

Oleh karena itu, menurut Andry, hal yang perlu dilakukan adalah fokus menjadikan KEK sebagai pendorong untuk kemajuan industri Indonesia.

“Apa yang perlu dilakukan upaya yang perlu dilakukan agar kawasan ekonomi khusus ini juga bisa menjadi kawasan strategis untuk mendorong industri kita,” pungkasnya. ***

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Produk UMKM Indonesia Tembus Pasar Chili

JAKARTA-Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia mampu menembus

Basuki Optimis Target Proyek Infrastruktur PUPR Tercapai

JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimis