Debat Cawapres, Filda Yusgiantoro: Isu Nol Emisi Karbon dan Transisi Energi Butuh Solusi

Thursday 18 Jan 2024, 11 : 56 pm
by
Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), Filda Citra Yusgiantoro

JAKARTA-Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), Filda Citra Yusgiantoro mengatakan, isu-isu tentang  langkah-langkah konkret Indonesia mencapai target nol emisi karbon (net zero emissions) pada tahun 2060 dan transisi energi membutuhkan solusi sehingga menjadi elemen penting untuk dibahas pada Debat Cawapres.

Apalagi, saat ini  Indonesia masih sangat bergantung  pada bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) untuk memenuhi  kebutuhan energi.

Hal itu diungkapkan Filda menanggapi rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Debat  yang menghadirkan 3 Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

“Isu-isu ini  menjadi  tantangan tersendiri bagi Indonesia. Diperlukan solusi  untuk  mencapai target penurunan emisi dan diversifikasi ke sumber energi yang lebih  bersih dan berkelanjutan,” kata Filda di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Sesuai Visi Misi, pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD meningkatkan porsi energi baru terbarukan (EBT) pada sistem kelistrikan nasional antara 25% hingga 30% pada tahun 2029.

Visi Misi Ganjar-Mahfud itu tertuang dalam lembaran resmi yang disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, pada 19 Oktober 2023.

Pasangan Ganjar-Mahfud ingin memanfaatkan EBT sebagai generator pembaruan energi yang memiliki potensi hingga 3.700 GW secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Ia  mengatakan, selain pencapaian  nol emisi karbon dan transisi energi, isu perubahan iklim juga menjadi fokus perhatian dunia saat ini dan Indonesia khususnya,  dengan adanya Just Energy Transition Partnership (JETP) dan Energy Transition Mechanism (ETM) setelah  G20 pada dua tahun lalu memiliki tanggung jawab lebih untuk melaksanakan transisi energi.

“Banyak sekali permasalahan di dalam transisi energi sehingga   menjadi salah satu pembahasan utama  hingga beberapa tahun kedepan,” kata Filda.

Berdasarkan  data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2023, bauran energi  terbarukan Indonesia  mencapai 12,50% dan pemanfaatan panas bumi  sekitar 2.175,7 MW (9,10%) dari total potensi panas bumi 23.966 MW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aminurrohman: Saya Punya Hubungan Spesifik dengan Said

SURABAYA-Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Said Abdullah terus melakukan sosialisasi

Hipmi Minta RUU Perbankan Pro UMKM

JAKARTA-Industri perbankan nasional dinilai belum berpihak kepada kalangan UMKM. Sehingga