Delta Dunia Group Bukukan Laba US$36 Juta pada 2023

Thursday 14 Mar 2024, 10 : 56 pm
by
Delta Dunia
Delta Dunia Group

JAKARTAPT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group), perusahaan induk dari PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia), PT Bukit Teknologi Digital (B-TECH), dan PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), melaporkan kinerja yang berkelanjutan selama setahun penuh pada 2023, melampaui target.

Direktur Delta Dunia Group, Dian Andyasuri, mengemukakan, sepanjang 2023, Delta Dunia Group menunjukkan kinerja yang memecahkan rekor dalam hal overburden removal, pendapatan, dan EBITDA, melebihi target yang ditetapkan Group untuk tahun tersebut.

Keberhasilan ini sebagian besar didorong oleh rekor overburden removal yang meningkat sebesar 14% YoY, dan volume produksi di Indonesia (naik 10% YoY) dan Australia (naik 28% YoY).

Hal ini didukung oleh peningkatan signifikan dari keberhasilan memperoleh sejumlah kontrak, termasuk tambang Saraji dan Burton milik BMA (BHP dan Mitsubishi Alliance) di Australia.

“Cash costs (biaya tunai), tidak termasuk bahan bakar per bcm, meningkat 8%, sebagian besar didorong oleh peningkatan volume di BUMA Australia untuk memenuhi permintaan pelanggan,” ungkap Dian dalam keterangan resmi, Kamis (14/3/2024).

Lebih lanjut, menurut Dian, biaya karyawan dan biaya suku cadang – termasuk bahan untuk ban, serta aktivitas pengeboran dan peledakan – juga meningkat karena tekanan inflasi.

Namun demikian, peningkatan ini sebagian diimbangi oleh upaya berkelanjutan Group dalam mendorong efisiensi biaya melalui teknologi dan keunggulan operasional.

Capital Expenditure/CAPEX (belanja modal) turun 20% YoY, menjadi US$121 juta.

Penurunan ini disebabkan oleh keberhasilan penyelesaian beberapa proyek di Indonesia, sesuai dengan target 2023 sebesar US$105 juta hingga US$145 juta.

Mempertahankan pengendalian yang ketat atas belanja modal tetap menjadi prioritas Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenhub Komitmen Bangun Infrastruktur Transportasi

 JAKARTA – Kementerian Perhubungan berkomitmen dalam kebijakan dan prioritas anggaran
Per 26 September tidak ada provinsi di level 4 asesmen, bahkan Lampung telah berhasil berada di level 1

Industri Digital Harus Topang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA-Pemerintah berharap, perusahaan yang bergerak di bidang digital dapat terus