Diversifikasi Produk Olahan Cabai Rawit Hiyung Kalsel Terus Digenjot

Sunday 4 Jun 2023, 7 : 56 pm
by
Ilustrasi

Yedi menyebut, banyak komoditas hortikultura yang mempunyai nilai tinggi dalam bentuk segar, namun saat pascapanen komoditas tersebut cepat rusak, sehingga memerlukan penanganan khusus untuk menjaga kualitas produk, salah satunya cabai rawit Hiyung.

“Oleh sebab itu, Ditjen IKMA Kemenperin terus melakukan pendampingan pada pelaku IKM setempat agar cabai Hiyung mampu bisa diolah menjadi berbagai produk turunan,” imbuhnya.

Selama ini, banyak petani dan pelaku IKM di Tapin terbiasa hanya menjual cabai segar dan abon cabai.

Padahal, cabai Hiyung bisa diolah menjadi aneka produk seperti sambal, bubuk cabai kering, minyak cabai, saus, dan sebagainya.

“Selama empat hari pendampingan, kami berhasil mengolah cabai Hiyung menjadi delapan produk,” ucap Yedi.

Yedi menuturkan, petani dan pelaku IKM di sentra membutuhkan  pendampingan diversifikasi produk dan teknologi penanganan pascapanen.

Dengan demikian dapat memperpanjang umur simpan komoditas melalui pengawetan dan ragam pengolahan.

“Teknologi pengawetan bertujuan tidak mengubah bentuk asli bahan, tetapi dapat memperpanjang umur simpan bahan baku. Sedangkan teknologi pengolahan bertujuan untuk mengubah bentuk asli bahan yang dapat memberikan nilai tambah serta penganekaragaman produk pangan dengan tetap memperhatikan keamanan pangan,” kata Yedi.

Ia menambahkan, faktor keamanan juga menjadi poin penting di sektor industri pangan, baik itu untuk dijual di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Oleh karena itu, Ditjen IKMA Kemenperin terus mendorong IKM pangan agar mampu memenuhi standar Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).

Beberapa upaya yang dilakukan antara lain dengan melakukan pembinaan dan bimbingan teknis terkait kelayakan bangunan dan sarana produksi penujang, sanitasi, dan higienitas karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

G-20 TMM: Tujuh Aksi Konkret Tingkatkan Perdagangan Global

JAKARTA-Pertemuan Menteri-Menteri Perdagangan (Mendag) G-20 berhasil mengumumkan pernyataan pertama dalam

Begal Payudara Marak di Tangsel, Korbannya Artis

TANGERANG-Tindak pidana pelecehan seksual berupa begal payudara di Bintaro, Tangerang