Pengusaha Jatim Diajak Garap Peluang Pasar Nontradisional

Sunday 18 Feb 2024, 1 : 45 pm
Direktur Jenderal PEN Kemendag Didi Sumedi

SURABAYA– Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak para pelaku usaha Jawa Timur untuk semakin bersemangat meningkatkan ekspor pada 2024 ini.

Salah satunya dengan menggarap peluang pasar nontradisional secara maksimal.

Kemendag juga menyampaikan sejumlah strategi memperkuat kinerja ekspor melalui diversifikasi produk, peningkatan kualitas produk, dan perluasan pasar ekspor ke negara-negara nontradisional.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal PEN Kemendag Didi Sumedi dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (Focus Group Discussion/FGD) dengan tema “Penjajakan Diversifikasi Pasar Asia, Afrika, dan Pasifik” di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/2).

Kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Export Center Surabaya, serta asosiasi dan pelaku usaha berskala kecil, menengah, maupun besar di Jawa Timur.

“Kementerian Perdagangan menekankan pentingnya perluasan pasar ekspor ke negara-negara nontradisional yang prospektif. Diversifikasi pasar merupakan salah satu kunci sukses dalam meningkatkan ekspor. Kita harus terus menjajaki pasar ekspor baru, khususnya di negara-negara yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi tinggi,” kata Didi.

Didi menambahkan, kegiatan FGD yang digelar kali ini menjadi wadah duduk bersama antara pemerintah dan pelaku usaha untuk menentukan pasar-pasar nontradisional prospektif sebagai target penetrasi ke pasar-pasar ekspor baru bagi para pelaku usaha, khususnya pasar di wilayah Asia, Afrika, dan Pasifik.

Selain itu, Didi menekankan, perekonomian global saat ini menghadapi berbagai tantangan antara lain ketidakpastian geopolitik, fluktuasi harga komoditas, konflik di berbagai belahan dunia, ketegangan perdagangan antarnegara besar, hingga perubahan kebijakan ekonomi global.

Semuanya memiliki dampak langsung maupun tidak langsung terhadap ekonomi Indonesia.

Namun, di tengah ketidakpastian ini, Indonesia terus berupaya untuk memperkuat posisi ekonominya, termasuk melalui peningkatan ekspor.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus sebesar USD 36,93 miliar sepanjang 2023.

Nilai ekspor Indonesia pada periode Januari–Desember 2023 mencapai USD 258,82 miliar, sedangkan nilai impor sebesar USD 221,89 miliar.

Ada tiga provinsi dengan kontribusi ekspor terbesar, yaitu Kalimantan Timur (10,48 persen), Jawa Barat (15,07 persen), dan Jawa Timur (8,5 persen).

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag Arief Wibisono menambahkan, salah satu peran Kemendag adalah mengembangkan pasar tujuan ekspor.

Terdapat beberapa negara prospektif yang berpotensi bagi pelaku usaha untuk dapat mengembangkan pasar ekspor mereka.

“Hasil analisis potensi pasar di kawasan Asia, Afrika, dan Pasifik menunjukkan negara-negara tujuan ekspor potensial antara lain India, Pakistan, Nigeria, Afrika Selatan, Kenya, Libya, dan Persatuan Emirat Arab. Kriteria yang digunakan untuk menentukan potensi negara-negara tersebut adalah potensi pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, kestabilan geopolitik, dan penghubung ekspor ke negara lain,” ungkap Arief.

Kemendag berkomitmen untuk terus memberikan dukungan penuh kepada para eksportir Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif.

Program-program pengembangan ekspor tersebut di antaranya pelatihan ekspor, pendampingan sertifikasi, misi dagang, dan pameran luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IGJ

IGJ: Akses Vaksin Berkeadilan Untuk Mengakhiri Pandemi

JAKARTA-Sebagai anggota tetap Progressive International, Indonesia for Global Justice (IGJ)

Industri Otomotif, Perlu Mengembangkan Industri Komponen

JAKARTA-Industri otomotif nasional telah memberikan sumbangsih yang cukup penting bagi