DPR Apresiasi Komitmen Polda Jateng Jaga Netralitas Pemilu 2024

Wednesday 13 Dec 2023, 2 : 17 pm
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto/Foto: Dok DPR
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto/Foto: Dok DPR

SEMARANG-Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto mengapresiasi jajaran Polda Jateng yang telah berkomitmen menjaga netralitas pada penyelenggaraan pemilu tahun 2024 nanti.

Hal itu dibuktikan, pada saat rapat kerja dengan Komisi III dengan mengundang seluruh jajaran Kapolres seluruh Jawa Tengah.

Bahkan, Kapolda Jateng telah mengeluarkan Buku saku Pedoman Netralitas anggota Polri dalam pemilu 2024 yang berisi panduan-panduan menjaga netralitas pemilu.

“Ini yang menjadi poin utama dari pertemuan kita, mengingat gelaran pemilu tinggal sekitar 63 hari lagi,” katanya di Semarang, Rabu, (13/12/2023).

Lebih jauh Bambang Pacul-sapaan akrabnya menjelaskan bahwa Kapolda Jateng juga berkomitmen untuk setiap waktu bisa berkomunikasi kalau ada hal-hal yang keluar dari jalur, bisa langsung menginfokan ke beliau.

“Selain itu juga, Kapolda telah memerintahkan seluruh jajaran Kapolres wilayah Jawa Tengah yang tadi hadir agar berkomitmen terhadap netralitasnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi memaparkan, untuk menjaga netralitas, pihaknya telah membuat semacam Buku saku Pedoman Netralitas anggota Polri dalam pemilu 2024.

Di dalam buku saku yang di keluarkan oleh Kapolda Jateng tersebut memuat delapan Dasar hukum dan Jukrah, Tahapan Pemilu 2024, Tujuh belas Perilaku Netralitas Polri dalam tahapan Pemilu 2024, lima bentuk tindakan Patroli Netralitas, Gaya berfoto anggota Polri yang di perbolehkan berikut empat belas gaya berfoto anggota polri yang tidak di perbolehkan.

Dikatakan Ahmad Luthfi, bahwa buku saku Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu 2024 ini berisi petunjuk dan arahan bagaimana Personil Polri bersikap Netral dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, Buku saku ini sudah ada terkait tahapan pemilu termasuk didalamnya mengatur tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan misalnya gaya berfoto maupun penggunaan medsos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kyai Ishomuddin: Nonmuslim Itu Bukan Musuh Orang Islam

JAKARTA-Majelis Ulama Islam (MUI) memberhentikan Dosen IAIN Raden Intan Lampung Ahmad Ishomuddin

Pemda Belum Berani Jual Obligasi

JAKARTA-Pemerintah daerah seharusnya bisa memanfaatkan pasar modal untuk membiayai pembangunan