Dua Periode Memimpin, Rahmat Effendi Berhasil Bangun Kota Bekasi Mirip DKI

Wednesday 20 Jan 2021, 3 : 25 pm
by
Ilustrasi

BEKASI-Keberhasilan seorang kepala daerah dapat dilihat dari bagaimana perubahan yang terjadi pada daerah yang dipimpinya.

Hal tersebut terlihat di era kepemimpinan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang sukses mengubah wajah Kota Patriot-julukan Kota Bekasi kian mirip ibukota Jakarta.

Pembangunan infrastruktur yang masif serta peningkatan kualitas SDM yang didukung pelayanan maksimal di bidang kesehatan dan pendidikan terus ditingkatkan.

Semua ini ditopang oleh kinerja Organisasi Perangkat Desa (OPD) yang baik.

Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan dari Kemenpan RB atas prestasi dalam rangka akuntabilitas kinerja tahun 2019 dengan penghargaan dari BPK RI meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut.

“Jadi, semua pencapaian ini membuktikan tangan dingin Rahmat Effendi sukses membangun Kota Bekasi,” ujar Ketua Golkar Milenial Bekasi Syahrul Ramadhan.

Menurutnya, sebagai Kota Metropolis yang setara dengan ibukota provinsi pada umumnya, Kota Bekasi kini menjelma menjadi Jakarta Baru, yang menawarkan seluruh fasilitas dan infrastruktur yang sama seperti DKI Jakarta.

“Jika membangun jalan, gedung mewah, pusat perbelanjaan dan bisnis, fasilitas sosial masyarakat, gedung kesehatan, taman cantik di kota menjadi kebijakan populis yang bisa memberikan pujian instan dari masyarakat, Wali Kota Bekasi sudah membuktikannya,” beber Syahrul di Bekasi, Rabu (20/1/2021).

Padahal, sambung Syahrul, ukuran ideal kesuksesan seorang kepala daerah adalah membuat kebijakan atau pembangunan yang berbasis pelayanan publik dan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia ataupun pendapatan daerah.

“Dan Wali Kota Bekasi pun bisa membuktikannya dengan segudang penghargaan tingkat nasional yang diterimanya, baik secara pribadi maupun instansi,” urainya.

Lebih jauh, Syahrul menuturkan, salah satu bukti kesuksesan Bang Pepen-sapaan akrab Rahmat Effendi, dalam membangun kota berpenduduk hampir tiga juta jiwa juga bisa dilihat dari pembangunan infrastruktur jalan utama di sepanjang Jalan Ahmad Yani, dengan jalur pedestrian yang lebar dan penataan trek sepeda yang konsisten.

“Saat tidak pandemi Covid-19, jalan Ahmad Yani, yang biasanya jadi spot Car Free Day (CFD) di setiap hari Minggu, dipenuhi masyarakat Kota Bekasi yang berolahraga, baik joging atau berjalan kaki, disebut mirip dengan keramaian yang ada di Kota Shibuya, Jepang,” terangnya.

Tidak hanya membangun kota, tambah Syahrul, wali kota juga konsisten membangun dan membentuk SDM, dengan pembukaan lapangan kerja dan peningkatan kualitas pemuda serta membangun sarana olahraga dan kesenian.

“Bekasi kian mirip Jakarta, selain dari sisi historis karena memiliki kultur yang mirip dengan Jakarta, juga dilihat dari kesenian, budaya dan bahasa keseharian. Kedekatan lainnya terlihat saat Kota Bekasi jadi pelopor Adaptasi Tatanan Kehidupan Baru, banyak warga Jakarta yang berkunjung ke Bekasi dibanding daerah lainnya, karena kesamaan fasilitas penunjang yang memudahkan akses untuk menikmati Bekasi, selayaknya berada di Jakarta,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Jokowi Dorong Pertamina dan PLN Siapkan Transisi Energi

JAKARTA-Peralihan menuju energi yang lebih ramah lingkungan adalah salah satu

Unika Soegijapranata Kembali Cetak Guru Besar Termuda

SEMARANG-Prof Dr Federik Ridwan Sanjaya, SE, S.Kom, MS.IEC dikukuhkan sebagai