Dukung Transisi Energi, Adhi Karya Raih Kontrak Baru PLTMG Sumbawa dan Tobelo

Tuesday 14 Nov 2023, 7 : 05 pm
ADHI KARYA

JAKARTA-PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), emiten BUMN di bidang konstruksi telah menandatangani dua kontrak baru pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan Tobelo, Maluku Utara dengan total nilai porsi ADHI sekitar Rp701,1 miliar milik PT PLN (Persero) (PLN).

Entus Asnawi Mukhson, Direktur Utama ADHI mengemukakan, dalam pembangunan ini ADHI menggandeng salah satuperusahaan asal Korea Selatan, Korea Electric Power Corporation Engineering & Construction Company, Inc. (KEPCO) dengan membentuk konsorsium dengan skema kerjasama operasi (KSO) untuk PLTMG Tobelo 30 MW sebesar 52,8% porsi ADHI dan 47,2%porsi KEPCO.

Sedangkan untuk Proyek PLTMG Sumbawa 30 MW porsi ADHI 50,1% dan porsi KEPCO 49,9%. Rencana pembangunannya akan dimulai pada akhir tahun 2023,” ungkap Entus dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (14/11).

Entus mengemukakan, penandatanganan ini dihadiri dan dilakukan oleh CEO KEPCO Sung Arm Kim, bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Kegiatan ini disaksikan juga oleh Direktur Utama PT Bagus Karya Henry Kurli, Direktur Utama Jiangxi Jiusheng International Electric Power Engineering Co., Ltd. Li Guofan, dan Executive Senior Vice President KEPCO Il Bae Kim.

Kerjasama proyek ini juga selaras dengan arahan dari Kementerian ESDM untuk mengurangi pembangkit listrik berbahan bakarbatu bara, sehingga salah satu alternatifnya adalah dengan membuat pembangkit listrik berbahan bakar gas.

“Kerjasama ini sebagai bagian dari upaya transisi energi, penggunaan gas juga digunakan untuk mengurangi produksi CO2 danmemastikan prinsip environmental sustainability bagi generasi mendatang,” katanya. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah: Informasi Soal Utang Jadi Amunisi Bagi Oposisi Memprovokasi Masyarakat

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah mengatakan utang pemerintah

Rachmawati Dijadwalkan Bertemu Presiden Korea Utara

JAKARTA-Putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri, dijadwalkan bertemu Presiden Republik Rakyat