Emirsyah Satar Jadi Komisaris Independen Bank Danamon

Tuesday 7 Apr 2015, 3 : 27 pm
by
Emirsyah Satar

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (”Perseroan”) menyetujui perubahan susunan Dewan Komisaris Perseroan.

Dalam RUPST yang digelar Selasa (7/4) ini, RUPST menyetujui pengangkatan Emirsyah Satar sebagai Komisaris (Independen).

Keputusan ini berlaku efektif jika dan pada saat lulus uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, RUPST juga telah menunjuk Purwantono, Suherman, & Surja, anggota dari Ernst & Young Global Limited, yang merupakan Akuntan Publik yang terdaftar pada OJK untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2015 dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Audit Perseroan.

Disamping itu, RUPST juga telah menyetujui perubahan beberapa pasal dalam Anggaran Dasar Perseroan dan pernyataan kembali seluruh pasal dalam Anggaran Dasar Perseroan, dalam rangka penyesuaian dan pemenuhan Peraturan OJK, yaitu POJK No. 32/POJK.04/2014 dan POJK No. 33/POJK.04/2014.

Dengan demikian, susunan anggota Dewan Komisaris dengan masa jabatan sampai dengan RUPST 2017 adalah:

Dewan Komisaris

  • Ng Kee Choe sebagai Komisaris Utama
  • Prof. Dr. J.B. Kristiadi Pudjosukanto sebagai Wakil Komisaris Utama (Independen)
  • Gan Chee Yen sebagai Komisaris
  • Manggi Taruna Habir sebagai Komisaris (Independen)
  • Ernest Wong Yuen Weng sebagai Komisaris
  • Made Sukada sebagai Komisaris (Independen)
  • Emirsyah Satar sebagai Komisaris (Independen)*
  •  Profil Emirsyah Satar

    Warganegara Indonesia umur 55 tahun. Emirsyah mendapatkan gelar di bidang Akuntansi dari Universitas Indonesia (UI) dan menyelesaikan program akademik di Universitas Sorbonne di Paris.

    Emirsyah memulai karirnya di industri keuangan sebagai seorang auditor di Price Waterhouse Cooper dan kemudian mengambil posisi penting di beberapa perusahaan di dalam dan luar negeri, termasuk Citibank NA, Jan Darmadi Group, Niaga Finance – Hong Kong, Bank Danamon dan Garuda Indonesia.

    Pada awal tahun 2003, Emirsyah diangkat sebagai Deputi CEO Bank Danamon.

    Kemudian pada tahun 2005, Emisyah diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai President & CEO Garuda Indonesia dan membuatnya sebagai salah satu Pejabat Kepala Eksekutif sebuah maskapai penerbangan termuda di kawasan Asia Pasifik.

    Emirsyah baru saja menyelesaikan masa jabatannya sebagai Ketua INACA (Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia), anggota Dewan Gubernur IATA (International Air Transport Association) dan Ketua Komite Eksekutif AAPA (Asosiasi Asia Pacific Airlines).

    Saat ini, dia turut menjabat sebagai Penasehat Senior INACA, dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) bidang Perhubungan. 

    Dia  telah menerima berbagai penghargaan diantaranya dinobatkan menjadi Orient Aviation Person of the Year 2010 oleh Orient Aviation Magazine, Man of the Year 2012 dari Globe Asia Magazine, dan baru-baru ini memperoleh penghargaan sebagai Asia Pasific Airline Executive of the year 2014 dari Pusat Penerbangan Asia Pasifik / CAPA.

    Dari segi lingkungan,  dia  adalah anggota Dewan Wali Amanat dari The Nature Conservancy (TNC), sebuah organisasi yang berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan pertumbuhan penduduk dengan alam.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Don't Miss

    Bantah Tudingan KMPM, La Nyala: RUU Minerba Belum Dibahas

    SURABAYA-Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti membantah tuduhan Koalisi

    Kesehatan Mental dan Nutrisi Berperan Kritikal Terhadap Performa Atlet Esports

    BALI-Bagi seorang atlet esports, ada hal yang tak kalah penting