HM Sampoerna Bagi Dividen Tunai Rp8,060 Miliar

Wednesday 24 Apr 2024, 2 : 47 pm
by
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

JAKARTAPT HM Sampoerna Tbk (HMSP) berencana melakukan pembagian dividen tunai kepada pemegang saham.

Hal itu telah disetujui oleh para pemegang saham HMSP dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Selasa (23/4/2024).

Presiden Direktur HMSP, Vassilis Gkatzelis, mengemukakan, Perseroan akan membagikan dividen total senilai Rp8,060 triliun dari saldo laba Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

“Perseroan mengumumkan rasio pembayaran dividen sebesar 99,6% atau Rp69,3 per saham. Dividen akan dibayarkan perseroan pada 17 Mei 2024,” kata Vassilis dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (24/4/2024).

Di sepanjang tahun 2023, HMSP mencatat hasil kinerja tahun 2023 dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 28,0% dibandingkan tahun 2022, yang mencapai Rp8,1 triliun, serta mempertahankan kepemimpinan di industri tembakau Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 28,6% dan volume keseluruhan sebesar 83,4 miliar batang berkat portofolio yang kuat di seluruh segmen, terutama pertumbuhan segmen Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang padat karya.

“Tahun 2023 menandai tahun kembalinya pertumbuhan profitabilitas yang kuat bagi HMSP, dengan pencapaian penting dalam pengembangan produk bebas asap berdasarkan pembuktian ilmiah, meningkatkan investasi dan lapangan kerja di Indonesia, serta menghasilkan efek berganda yang kuat, sejalan dengan prioritas negara untuk meningkatkan hilirisasi,” ungkap Vassilis.

Vassilis menjelaskan, saat ini, industri tembakau masih menghadapi tantangan-tantangan utama dengan kenaikan tarif cukai dua-digit yang signifikan di atas tingkat inflasi, kesenjangan cukai yang semakin besar antara segmen Volume Golongan 1 dan segmen di bawah volume Golongan 1 yang dikenakan cukai lebih rendah, serta meningkatnya peredaran rokok ilegal.

Secara keseluruhan, volume industri rokok nasional mengalami penurunan sebesar 4% dibandingkan 2022.

Meskipun dalam kondisi yang penuh tantangan, penjualan bersih Sampoerna meningkat sebesar 4,3% menjadi Rp116 triliun, meskipun profitabilitas masih jauh di bawah tingkat sebelum pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden: Kalau Belum atau Kurang Bayar Pajak, Suruh Bayar

JAKARTA-Pemerintah terus berupaya menggenjot penerimaan negara dari sektor pajak.  Karena
DBS Group Research

Akuisisi DBS-Danamon Rampung Awal Mei 2013

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution menargetkan proses akuisisi PT