EMTK Siap Akuisisi Saham Cardig Aero Services Rp704,14 Miliar

Wednesday 27 Mar 2024, 8 : 39 pm
EMTEK
Ilustrasi

JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi  Tbk (EMTK) melalui anak usahanya, PT Roket Cipta Sentosa (RCS) berencana  mengakuisisi 858,714 juta (41,15%) saham PT Cardig Aero Services Tbk (CASS) senilai Rp704,14 miliar.

EMTK merupakan pengendali RCS dengan kepemilikan saham mencapai 99%.

Menurut Titi Maria Rusli, Sekretaris Perusahaan EMTK dalam laporan keterbukaan informasi, Rabu (27/3/2024), PT RCS dan PT Cardig Asset Management (CAM) serta PT Dinamika Raya Swarna (DRS), sebagai pemegang saham pengendali CASS telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat pada 24 Maret 2024.

Berdasarkan perjanjian tersebut, PT RCS sepakat untuk membeli 492,127 juta (23,585) saham PT CASS yang dimiliki oleh CAM dan 366,587 (17,57%) saham  CASS yang dimiliki oleh PT DRS.

Sehingga total saham CASS yang akan dibeli oleh RCS sebanyak 858,714 juta (41,15%) dengan nilai transaksi Rp704,14 miliar.

“Penyelesaian dari rencana transaksi ini masih bergantung pada pemenuhan persyaratan sebagaimana diatur dalam perjanjian jual beli saham bersyarat ,” tulis Titi dalam laporannya.

Adapun rencana Transaksi tersebut akan dilaksanakan dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku termasuk Peraturan OJK No. 9/POJK.04/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka.

Menurut Titi, penyelesaian rencana transaksi ini akan berdampak terhadap kondisi keuangan Perseroan.

Pasalnya,  transaksi tersebut akan mengurangi saldo kas Perseroan sebesar nilai transaksi ditambah dengan arus kas keluar untuk membeli setiap saham yang dijual dalam penawaran tender wajib PT CASS.

Selain itu, lanjut Titi, transaksi akuisisi tersebut akan menambah saldo investasi jangka panjang Perseroan dalam jumlah tertentu sehingga kondisi  keuangan Perseroan, dalam hal ini jumlah asset Perseroan tidak mengalami perubahan sebagai akibat dari penyelesaian rencana transaksi tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DJP Tunjuk Enam dan Cabut Satu Pemungut PPN

JAKARTA-Direktur Jenderal Pajak (DJP) menunjuk enam perusahaan serta mencabut satu

Demo Kenaikan Tarif TNK, BKH: Janganlah Dihadapi Dengan Kekerasan

JAKARTA-Unjuk rasa menentang kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo (TNK)