EXCL Upgrade Kapasitas BTS Hingga Fiberisasi di Bali

Monday 7 Jun 2021, 5 : 57 pm
by
"XL Axiata sangat antusias dengan rencana pembukaan kembali pariwisata. Untuk itu, jaringan XL Axiata sudah kami siapkan guna menyambut segala keperluan mendukung kembalinya para wisatawan baik domestik maupun mancanegara
Ilustrasi

JAKARTA-Manajemen PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyampaikan, perseroan sedang terkonsentrasi meningkatkan kapasitas jaringan, dengan melakukan upgrade kapasitas Base Transceiver Station (BTS), transmisi dan Fiberisasi di seluruh area Pulau Bali.

“Bali yang sangat popular secara global sebagai destinasi wisata, sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 dalam setahun terakhir. Namun, XL Axiata tetap mempertahankan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Pulau Dewata,” kata Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto dalam siaran pers EXCL, Jakarta, Senin (7/6).

Dia menyebutkan, jumlah pelanggan EXCL dari kalangan masyarakat setempat di Bali juga terbilang besar, yakni lebih dari 1,9 juta pelanggan.

“Kami menyambut baik jika memang banyak pihak tergerak untuk melakukan work from Bali, sehingga bisa ikut membangkitkan kondisi wisata di sini,” ucap Dodik.

Menurut Dodik, jaringan di Bali sudah menjangkau seluruh kabupaten/kota yang ditopang lebih dari 6.500 BTS, sekitar 2.500 di antaranya merupakan BTS 4G.

Sejak setahun terakhir, utilisasi jaringan data di Bali sebesar 69 persen.

Sehingga, kondisi ini masih cukup untuk menampung kenaikan trafik hingga 30 persen saat wisatawan mulai kembali datang ke Bali.

Di seluruh Bali, sekitar 42 persen dari BTS XL Axiata telah terfiberisasi, sehingga kualitas jaringan data sangat mendukung kebutuhan akses data oleh masyarakat, termasuk akses ke layanan data yang berkapasitas besar.

Karena itu, lanjut Dodik, jaringan XL Axiata di sebagian besar wilayah Bali siap untuk menopang aktivitas bekerja yang kemungkinan membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil, termasuk untuk mengunduh atau mengunggah data berkapasitas besar.

Di Nusa Dua, jaringan XL Axiata ditopang oleh sebanyak 48 BTS 4G dan 48 BTS 3G, Sanur sebanyak 30 BTS, Kuta sebanyak 66 BTS, Gianyar sebanyak 74 BTS, Ubud sebanyak 19 BTS, Tanah Lot sebanyak 6 BTS, Denpasar lebih dari 345 BTS.

“Jika diperlukan, XL Axiata akan menyiapkan Mobile BTS untuk back-up penguatan jaringan. Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimistis akan bisa memberikan layanan telekomunikasi dan data secara maksimal,” ujar Dodik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

LPS Naikkan Tingkat Bunga Penjaminan

JAKARTA-Rapat Dewan Komisioner (RDK) Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melakukan

Demi Kesejahteraan, DPD Dukung Omnibus Law

JAKARTA-Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia