Manfaatkan Peluang Pasar FBB dan FMC, Axiata Group Dorong Implementasi Delayering EXCL dan Link Net

Thursday 7 Dec 2023, 5 : 06 pm
by
PT XL Axiata Tbk

JAKARTA-Axiata Group Berhad melakukan transformasi struktural anak perusahaannya di Indonesia, yakni PT XL Axiata Tbk dan PT Link Net Tbk, untuk mempercepat perubahan strategis menjadi ServeCo dan FibreCo.

Langkah ini bertujuan memperkuat posisi dalam mengoptimalkan peluang di pasar Fixed Broadband (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) Indonesia yang penetrasinya masih rendah.

Dalam memanfaatkan peluang pasar tersebut, XL Axiata (EXCL) dan Link Net (LINK) telah mencapai kesepakatan pengalihan bisnis FBB Link Net, termasuk 750.000 pelanggan Link Net ke XL Axiata.

Di samping itu, pembangunan jaringan baru 2 juta home passed oleh Link Net akan dimanfaatkan oleh XL Axiata untuk menyediakan layanan FBB dan FMC bagi pelanggan.

Setelah menyelesaikan tambahan 2 juta home passed tersebut, Link Net akan memiliki ketersediaan hingga 6,5 juta home passed.

XL Axiata dan Link Net akan melanjutkan perjanjian mengikat yang nantinya dilakukan dengan tetap mematuhi peraturan-peraturan.

Termasuk aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan transaksi afiliasi dan transaksi material.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (7/12) mengatakan, kesepakatan bersama ini menjadi tonggak penting Axiata mendorong transformasi struktural XL Axiata dan Link Net di Indonesia.

Menurut Dian, pembangunan home passed baru dalam jumlah besar yang dilakukan Link Net untuk mendukung XL Axiata akan memperkokoh posisinya sebagai FibreCo.

Selain itu, pengalihan pelanggan Link Net ke XL Axiata juga akan memperkuat posisi XL Axiata sebagai ServCo, serta mendorong pertumbuhan layanan FBB dan FMC di seluruh Indonesia.

“Layanan konvergensi kami terus mendapat respons positif dari masyarakat. Peningkatan permintaan yang besar untuk layanan FBB dan FMC sangat menegaskan arah strategis kami. Kami percaya kolaborasi antara XL Axiata dan Link Net akan memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan mendorong percepatan pertumbuhan layanan FBB dan FMC di Indonesia,” tulis Dian dalam keterangan tertulisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pelaku Ekraf Dibekali Skill Promosi Digital Melalui Pelatihan HomeCreativepreneur

JAKARTA-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membekali pelaku ekonomi kreatif

Hasto Luruskan Isu Penggeledahan Kantor DPP PDI Perjuangan

JAKARTA-Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meluruskan simpang