FinanSiap Bersama Pluang Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda

Friday 4 Mar 2022, 12 : 22 pm
by
Pluang, platform wealth tech terkemuka di Indonesia, kembali wujudkan komitmen mereka untuk memberikan edukasi dan literasi finansial bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui tayangan Instagram Live dari akun @pluang_id dan @gopayindonesia yang juga tergabung dalam program edukasi FinanSiap. Program edukasi tersebut mengangkat tema diversifikasi investasi, pengembangan portofolio, dan mitigasi risiko. Acara ini menghadirkan kupasan dari Claudia Kolonas, Co-Founder Pluang, Fibriyani Elastria selaku Chief Marketing Officer GoPay, serta Felicia Putri Tjiasaka sebagai Co-Founder Ternak Uang sekaligus investor.

JAKARTA-Pluang, platform wealth tech terkemuka di Indonesia, kembali wujudkan komitmen mereka untuk memberikan edukasi dan literasi finansial bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui tayangan Instagram Live dari akun @pluang_id dan @gopayindonesia yang juga tergabung dalam program edukasi FinanSiap.

Program edukasi tersebut mengangkat tema diversifikasi investasi, pengembangan portofolio, dan mitigasi risiko.

Acara ini menghadirkan kupasan Co-Founder Pluang Claudia Kolonas, Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria , serta Co-Founder Ternak Uang sekaligus investor Felicia Putri Tjiasaka .

Dalam acara webinar tersebut Claudia Kolonas, Co-Founder Pluang mengatakan tingginya angka pertumbuhan investor ritel di Indonesia, terutama di kalangan milenial sebagai kelompok terbesar, menjadi motivasi utama Pluang untuk terus giat mengedepankan kegiatan edukasi dan literasi finansial.

“Kami ingin masyarakat mengetahui bahwa setiap investasi memiliki risikonya masing-masing, dengan mengetahui profil risiko, investor diharapkan dapat lebih mudah dalam menentukan kelas aset yang tepat, sebagai kendaraan dalam mencapai tujuan
finansialnya,” jelasnya.

Claudia juga menambahkan, Pluang sangat mengutamakan fungsi diversifikasi untuk
meminimalisir risiko.

Dengan satu aplikasi para investor sudah bisa berinvestasi ke berbagai kelas aset.

Hal inilah yang ditawarkan oleh Pluang agar investor dapat mendiversifikasikan portofolionya secara langsung.

Saat ini, Pluang menawarkan berbagai produk investasi kepada lebih dari 4 juta penggunanya.

Pluang bekerjasama dengan GoInvestasi untuk menghadirkan produk emas dan reksa dana bagi para pengguna aplikasi Gojek.

Hal tersebut memungkinkan pengguna aplikasi Gojek untuk mulai berinvestasi melalui satu aplikasi saja dengan biaya yang sangat terjangkau, yakni dari 0,01 gr emas atau setara dengan Rp 10,000 melalui beberapa ketukan untuk membeli produk investasi tersebut.

“Lewat FinanSiap kali ini, kami mengajak siapapun memanfaatkan kemudahan investasi emas dan reksadana lewat GoInvestasi di aplikasi Gojek,” ujar Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria.

Hal ini adalah bagian dari upaya GoPay untuk memudahkan masyarakat mengatur keuangan serta membantu membangun kebiasaan menabung rutin untuk mencapai mimpi-mimpi keuangan mereka di masa depan.

Saat ini GoInvestasi juga tengah menawarkan promo gajian.

Khusus pembelian reksadana, ada cashback GoPay hingga 100% berlaku hingga 28 Feb 2022.

Khusus pembelian emas, pengguna dapat memanfaatkan cashback GoPay hingga 50% yang berlaku hingga 2 Maret 2022.

Kolaborasi antara Pluang dalam program FinanSiap menjawab antusiasme masyarakat terhadap investasi yang dibuktikan dengan adanya peningkatan transaksi di GoInvestasi yang melesat tajam selama tahun 2021.

Hal tersebut juga berdampak terhadap pertumbuhan jumlah pengguna aplikasi Pluang, yang pada 2021 lalu bertambah hingga 33 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pada kesempatan ini, Felicia Tjiasaka Putri, Co-Founder Ternak Uang membagikan cerita pribadinya terkait perjalanan investasinya dan pentingnya diversifikasi portofolio untuk meminimalisir risiko.

Ia pun menyarankan pengguna aplikasi Gojek untuk dapat sedini mungkin memulai investasi mulai dari kelas aset yang memiliki risiko rendah seperti emas dan reksa dana yang ditawarkan oleh GoInvestasi.

Program FinanSiap yang diprakarsai GoPay ini digelar sejak Juli 2021.

Program ini turut melibatkan berbagai pakar sebagai narasumber dengan cakupan materi perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan jenis investasi.

FinanSiap diharapkan dapat mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi.

Selain webinar, program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dengan konten yang juga diunggah dalam bentuk situs web, artikel, video, infografis serta podcast.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Intan Fauzi: PAN Butuh Kader Loyal Guna Menangkan Pileg dan Pilpres 2019

JAKARTA-Ketua DPP PAN, Intan Fauzi, menegaskan, pengunduran diri beberapa pengurus

Kinerja Ekspor Sangat Baik, Zulhas: Jadi Akselerator Penopang Ekonomi Indonesia

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan, kinerja ekspor Indonesia pada