Freeport Indonesia Kembangkan Inovasi Mengolah Pasir Tailing Agar Bermanfaat

Sunday 21 Jan 2024, 9 : 20 pm
by
PT Freeport Indonesia (PTFI) mengolah tailing menjadi lebih bermanfaat. Salah satunya sebagai aspal filler yang sudah digunakan di area Hotel Rimba Papua Timika, Kawasan Rimba Golf, dan area parkir Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) Kuala Kencana.

TIMIKA-PT Freeport Indonesia (PTFI) terus mengembangkan inovasi untuk mengolah dan memanfaatkan pasir sisa tambang dari proses pengolahan batuan bijih atau dikenal sebagai tailing (SIRSAT).

PTFI meyakini bahwa tailing merupakan sumber daya (material resources) dapat memberikan nilai manfaat bagi kehidupan masyarakat di wilayah Mimika, Papua Tengah dan sekitarnya.

“Selepas proses renegosiasi kontrak karya 2018, ada persyaratan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar tailing dapat dimanfaatkan kembali. Lalu keluarlah roadmap pemanfaatan tailing yang sampai sekarang kita gunakan sebagai basis kerja kita,” kata Project Manager Tailings Utilization PTFI Harry Joharsyah.

Harry mengatakan tailing yang dikelola PTFI dapat diolah menjadi sumber daya yang bermanfaat.

PTFI turut melibatkan sejumlah institusi pendidikan seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Cendrawasih Papua, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Sudah ada dua success story yang kami raih dari pemanfaatan tailing ini. Pertama, pada 2005 tailing dimanfaatkan sebagai material untuk pembangunan infrastruktur di Papua dan sekitar, seperti jalan dan jembatan. Kedua, pengembangan inovasi tailing menjadi beton precast, kemudian aspal filler,” tuturnya.

Saat ini, beton precast dan aspal filler berbahan dasar tailing digunakan untuk memenuhi kebutuhan internal PTFI.

Pemanfaatan dan penggunaan tailing sebagai aspal filler dapat dilihat di areal Rimba Papua Hotel, Fasilitas Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant), akses dan area parkir Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN), hingga Rimba Papua Golf.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harga Karet Anjlok, GAPKINDO Minta Bantuan Pemerintah

JAKARTA-Pengurus Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (GAPKINDO) meminta pemerintah membantu memperbaiki

GNWU Harus Tetap Jadi Dana Sosial Keagamaan

JAKARTA-Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) menimbulkan reaksi beragam dari kalangan