Gaji ASN, TNI, Polri Naik, Said Abdullah: Fiskal 2024 Tetap Sehat dan Kuat

Monday 11 Sep 2023, 9 : 04 pm
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah mendukung kebijakan pemerintah yang mengusulkan kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara, (ASN), TNI dan Polri.

Sesuai dengan usulan pada RAPBN 2024, pemerintah mengusulkan kepada DPR untuk menaikkan gaji ASN, TNI dan Polri sebesar 8 persen, serta kenaikan 12 persen pensiunan ASN, TNI dan Polri.

Atas kebijakan tersebut, RAPBN 2024 memberikan dukungan anggaran sebesar Rp 9,45 triliun.

“Selaku Ketua Banggar DPR, saya mendukung penuh kenaikan gaji ASN, TNI dan Polri serta pensiunannya,” terang Said di Jakarta, Senin (11/9).

Rencananya Banggar DPR bersama pemerintah akan membahas hal ini pada rapat 19 September 2023 mendatang.

Politisi Senior PDI Perjuangan ini menilai kenaikan 8 persen gaji ASN, TNI, Polri dan 12 persen untuk pensiunannya telah mempertimbangkan kekuatan fiskal pada tahun 2024, sehingga kelangsungan fiskal yang sehat dan kuat tetap terjaga.

“Kami juga melihat kenaikan gaji ini tidak berdampak signifikan pada kenaikan inflasi, sepanjang potensi kenaikan permintaan dapat diimbangi dengan suplai barang barang konsumsi bisa terjaga dan terpenuhi pasokannya,” terangnya.

Dia menegaskan kenaikan gaji ASN, TNI dan Polri serta pensiunan ini telah dipertimbangkan sedemikian rupa berdasarkan dedikasinya selama ini, khususnya dalam upaya penanganan pandemi covid19, dan pemulihan ekonomi nasional secara cepat.

Karena itu, kebijakan kenaikan gaji ASN, TNI dan Polri serta pensiunan diharapkan memberikan dorongan pada peningkatan kesejahteraan ASN, TNI, Polri dan para pensiunan.

Terlebih selama 4 tahun ini mereka semua tidak mendapatkan kenaikan gaji dan pensiunan.

Padahal setiap tahun menghadapi kenaikan inflasi. “Sehingga kenaikan ini kita harapkan bisa menjadi kesempatan mereka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Dia juga berharap kenaikan ini mengerek tingkat konsumsi rumah tangga, khususnya dari rumah tangga ASN, TNI dan Polri.

“Kenaikan tunjangan pensiunan ini kita harapkan mendorong kegiatan ekonomi lebih luas (dampak multiplayer), yang menggerakkan ekonomi sektor riil. Dengan konsumsi yang meningkat  kita harapkan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional juga meningkat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Forkoma PMKRI: Kerukunan Terwujud Jika Kita Satu Bangsa

PEKANBARU-Mewujudkan kerukunan antar umat beragama merupakan subtansi sikap Gereja Katolik

Hotel Swiss-Bellin ModernCikande Beroperasi Akhir 2017

JAKARTA—Bisnis pariwisata dan properti di wilayah Banten agaknya tak bisa