Gandeng JIP, EXCL Kembangkan Sarana Deteksi Plat Kendaraan Berbasis Digital

Tuesday 18 Oct 2022, 3 : 14 pm
ILustrasi PT EXCL

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) memutuskan untuk menggandeng PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) yang merupakan anak usaha PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengembangkan solusi digital License Plate Recognition (sarana pengenal nomor kendaraan bermotor/LPR), dengan memanfaatkan konektivitas 5G.

Menurut Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer EXCL, I Gede Darmayusa dalam siaran pers yang disampaikan melalui pesan instan, Selasa (18/10), pengembangan LPR menggunakan artificial intelligence dan deep learning, yang kemudian diimplementasikan dengan memanfaatkan konektivitas 5G milik EXCL.

Dia menyebutkan, pengembangan solusi digital ini akan menciptakan kemampuan mendeteksi plat nomor kendaraan bermotor secara sistematis, seperti, analisa trafik, perencanaan penempatan kantong parkir dan penegakan kebijakan lalu lintas, yakni sistem ERP dan ganjil genap.

Gede menjelaskan, kerjasama dengan JIP tersebut akan mengembangkan 5G use case berbasis artificial intelligent (AI) dan internet of things (IoT), sejalan dengan upaya mendukung Jakarta sebagai Smart City.

EXCL juga akan membantu program digitalisasi di berbagai aspek, antara lain transportation management, waste management dan smart building.

“Kami berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam pemanfaatan teknologi dan digitalisasi di Indonesia. Suatu kesempatan bagi XL Axiata bisa ikut mendukung pembangunan Jakarta sebagai Smart City melalui beragam platform solusi digital di jaringan 5G,” papar Gede.

Lebih lanjut Gede menambahkan, solusi digital yang dibangun EXCL untuk LPR ini akan lebih customize, terotomasi, real time, akurat, efektif dan efisien.

LPR akan menjadi use case pertama yang dikembangkan menggunakan AI berbasis computer vision dalam merealisasikan program kolaborasi tersebut.

Dia memaparkan, LPR berfungsi untuk mengenali, mengidentifikasi dan melacak objek, dalam hal ini plat nomor kendaraan yang bergerak dengan bantuan kamera pengintai (CCTV) di jalan.

Ke depannya, LPR diharapkan mampu mengidentifikasi jenis kendaraan dan umur kendaraan.

“Dengan kemampuan mendeteksi plat nomor kendaraan yang sistematis, banyak hal yang bisa dilakukan seperti, analisa trafik, perencanaan penempatan kantong parkir dan juga penegakan kebijakan lalu lintas, yakni sistem ERP dan ganjil genap,” ujar Gede.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama JIP, Araf Anbiya mengatakan, nantinya JIP juga akan mendorong terobosan penguatan ekosistem layanan berbasis teknologi 5G untuk di berbagai sektor, industri, korporasi, maupun institusi pemerintahan, termasuk pengembangan smart city.

Program kerjasama untuk mendukung Jakarta sebagai smart city ini dimulai pada pertengahan Oktober 2022 dan berlangsung selama dua tahun, namun kerjasama dapat diperpanjang yang menyesuaikan kebutuhan.

Pada tahap pertama, pelaksanaan proyek akan dilakukan tahap uji coba lapangan (proof of concept) pada pertengahan November 2022 dan akan dilakukan secara bertahap hingga LPR bisa digunakan secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aset PermataBank Syariah Tembus Rp 16 Triliun

JAKARTA–PermataBank Syariah kembali mencatat pertumbuhan  kinerja keuangannya yang berkesinambungan. Menyusul
Pengacara Farhat Abas melaporkan Ratna Sarumpaet, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan 15 tokoh lain kepada Bareskrim Polri atas penyebaran berita bohong alias hoax.

Farhat Abbas Minta Polisi Tetapkan Tersangka 17 Politikus Penyebar Hoaks Ratna Sarumpaet

JAKARTA-Komunitas Pengacara Indonesia Pro Jokowi (Kopi Pojok) melaporkan 17 politikus