Studi Saiful Mujani, Kondisi Ekonomi Membaik Era Jokowi Untungkan Ganjar Pranowo

Kamis 4 Mei 2023, 4 : 06 pm
by
Presiden Jokowi bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

Penilaian atas kondisi ekonomi nasional sekarang dibanding tahun lalu juga tidak berbeda dengan indikator sebelumnya.

Yang menilai baik atau sangat baik sebanyak 44,2 persen.

Sementara yang menganggap buruk atau sangat buruk hanya 20,7 persen, tidak ada perubahan 29,9 persen, dan tidak jawab 5,2 persen.

Dalam proyeksi keadaan ekonomi setahun ke depan, umumnya warga optimistis.

Ada 69,2 persen warga yang menyatakan kondisi ekonomi rumah tangganya akan lebih baik atau jauh lebih baik setahun ke depan. Yang menyatakan akan lebih buruk atau jauh lebih buruk hanya 6,8 persen, tidak akan ada perubahan 16,9 persen, dan tidak jawab 7,1 persen.

Optimisme warga juga terlihat dalam proyeksi keadaan ekonomi nasional setahun ke depan. 64,9 persen menilai keadaan ekonomi nasional setahun ke depan akan lebih baik atau jauh lebih baik dibanding sekarang.

Yang menyatakan akan lebih buruk atau jauh lebih buruk hanya 6,6 persen. Yang menyatakan tidak akan ada perubahan sebanyak 18,8 persen dan tidak jawab 9,7 persen.

Saiful menjelaskan bahwa data ini memberi informasi bahwa masyarakat Indonesia cenderung memiliki sentimen positif dalam melihat kondisi ekonomi sekarang sampai setidaknya tahun 2024. Ini akan memberikan insentif pada Jokowi jika dia maju lagi sebagai presiden.

Namun karena Jokowi tidak maju lagi sebagai presiden, maka yang akan mendapatkan insentif elektoral itu adalah yang dianggap mendekati atau melanjutkan kepemimpinan dan kebijakan-kebijakan publik Jokowi.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mereview Ujian Akhir Nasional

Titik krusial dari kegiatan evaluasi dan standar nasional pendidikan adalah
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

IHSG Bakal Sideways Cenderung Naik, Buy BBRI, BSDE, INDF, MEDC, PWON dan SMGR

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini,