Generasi Pemimpin 2045, Putut: TMP Tempat Terbaik Untuk Pendidikan Bela Negara

Saturday 2 Sep 2023, 9 : 01 am
by
DIalog nasional antara 400 siswa sekolah menengah atas dengan narasumber dari Lemhannas RI, AM Putut Prabantoro, Taprof Bidang Ideologi di Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Kamis (21/08/2023)

SURABAYA-Taman Makam Pahlawan (TMP) adalah tempat terbaik dan terkomplit untuk belajar tentang bela negara bagi para siswa.

Di taman itu, generasi penerus akan belajar tentang ideologi, mengenal pahlawan yang telah berjuang mempertahankan tanah air Indonesia, belajar tentang sejarah dan belajar tentang pemimpin negara dan bangsa.

Oleh karena itu, adalah penting bagi negara dan pemerintah untuk menjadikan taman makam pahlawan sebagai kurikulum wajib untuk bela negara.

Penegasan ini muncul dalam dialog nasional antara 400 siswa sekolah menengah atas dan narasumber dari Lemhannas RI, AM Putut Prabantoro, Taprof Bidang Ideologi di Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Kamis (21/08/2023).

Dialog nasional tentang bela negara ini untuk menandai pelantikan Bakorda  Wilayah  Forum Kader Bela Negara (FKBN) Se-provinsi Jawa Timur.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Kasatwas Bakorpus FKBN Mayjen TNI (Purn) Adi Sudaryanto, Wakasatwas FKBN Pusat Brigjen TNI (Purn) Harie Guritno, perwakilan dari Kemenhan Kolonel Amiruddin Lopa selaku Kabid Lingkim Direktorat Bela Negara, Kepala FKBN Bakorpus Angga Rahardian dan juga Kepala FKBN Bakorwil Jawa Timur Gatot Kustyadji.

“Para siswa harus tahu tentang sejarah para pahlawan yang berjasa atas berdirinya negara dan tanah air yang sekarang kita pijak. Sebuah negara akan dengan mudah dikalahkan jika generasi mudanya tidak mengetahui sejarah bangsanya. Sebuah bangsa akan terhapus jika, budayanya tidak dipelihara dan dirawat oleh generasi penerusnya. Negara dan tanah air yang kita pijak tidak begitu saja kita dapatkan,“ tegas Putut Prabantoro.

Dalam dialog itu, ratusan sekolah menengah dari 15 sekolah di Surabaya itu menyatakan diri untuk mencintai negara dan bangsa Indonesia.

Mereka juga berkomitmen memersiapkan diri untuk menjadi pemimpin pada tahun 2045 ketika Indonesia memasuki tahun emas kemerdekaan.

Namun demikian, mereka juga meminta teladan para pemimpin nasional saat ini untuk menyiapkan mereka ke arah yang diinginkan negara dan bangsa.

Dalam penjelasannya yang berjudul “Bela Negara dan Tantangan Masa Depan Indonesia,” AM Putut Prabantoro mengurai bahwa bela negara adalah sikap perilaku dan tindakan nyata untuk menunjukan cinta negara dan tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Cuti Bersama Idul Fitri, Posko Nasional ESDM Tetap Bekerja

JAKARTA-Pemerintah memastikan, Posko Nasional Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Kemenparekraf Tingkatkan Kapasitas SDM untuk Melayani Penyandang Disabilitas

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi