Gerak IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham Pilihan Analis

Thursday 23 Sep 2021, 10 : 21 am
by
IHSG, bursa saham, sekuritas
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan menguat terbatas, setelah kemarin bergerak optimistis di zona hijau dan ditutup menguat 0,78 persen ke level 6.108.

Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah mengatakan, IHSG bergerak whipsaw pada level support Moving Average 200 hari (MA200) dan berpotensi untuk kembali menguat dengan menguji resistance fractal maupun upper bollinger bands.

“Indikator Stochastic dan RSI masih memberikan momentum bearish yang terlebih dahulu mengonfirmasi dead-cross di area overbought (jenuh beli). Sehingga, peluang penguatan IHSG masih terbuka meski terbatas, dengan support-resistance 6.082-6.152,” papar Lanjar di Jakarta, Kamis (23/9).

Dengan demikian, jelas dia, pergerakan IHSG yang akan melanjutkan proses kenaikan tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para investor dengan mengakumulasi pembelian saham AALI, ACES, ANTM, BBNI, BBRI, BMRI, CTRA, HMSP, INCO, LSIP, MNCN dan SMCB.

Sementara itu, menurut analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, pergerakan IHSG berpotensi untuk berbalik melemah terbatas.

Adapun rentang support-resistance yang dimiliki IHSG berada di level 5.969-6.202.

Dia menyebutkan, pergerakan IHSG mampu melakukan technical rebound, pasca berada dalam tekanan dalam beberapa waktu sebelumnya.

“Selama level resistance belum mampu ditembus, maka IHSG memiliki potensi untuk melemah,” ucap William.

Lebih lanjut William menyatakan, sentimen terkait harga komoditas dan nilai tukar rupiah belum memberikan pengaruh terhadap pola pergerakan IHSG untuk menguat secara jangka panjang.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak dalam rentang terbatas,” katanya.

Maka, lanjut dia, Indosurya Sekuritas merekomendasikan kepada para investor, agar pergerakan IHSG yang masih tertahan pada rentang terbatas tersebut bisa direspons dengan mengoleksi saham BBCA, ITMG, UNVR, AALI, TLKM, SMGR, JSMR dan BBRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menghapus Jejak Cebong-Kampret-Kadrun di Pilpres 2024

Oleh: Saiful Huda Ems Sebagaimana yang pernah saya tulis dan

Kemenperin Distribusikan 5 Unit AMMDes Penjernih Air ke Sulawesi Tengah

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna