Gubernur BI: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,05% pada 2023

Wednesday 21 Feb 2024, 9 : 11 pm
by
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo,

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengemukakan ekonomi Indonesia tumbuh lebih baik dari perkiraan.

Pada triwulan IV 2023 pertumbuhan tercatat sebesar 5,04% (yoy).

“Angka ini meningkat dari 4,94% (yoy) pada triwulan sebelumnya, sehingga secara keseluruhan tahun 2023 mencapai 5,05% (yoy),” katanya dalam siaran pers, Rabu (21/2/2024).

Perry menyampaikan, pertumbuhan terutama didukung oleh kenaikan ekspor, peningkatan investasi bangunan, dan dampak positif pelaksanaan Pemilu.

Berdasarkan lapangan usaha (LU), pertumbuhan ekonomi 2023 antara lain ditopang oleh LU yang terkait mobilitas seperti Perdagangan Besar dan Eceran, Transportasi dan Pergudangan, Informasi dan Komunikasi, serta Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum.

Secara spasial, pertumbuhan ekonomi nasional yang kuat terjadi di banyak wilayah Indonesia dengan kinerja pertumbuhan tertinggi tercatat di wilayah Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), diikuti Kalimantan dan Jawa.

Ke depan, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2024 akan meningkat di kisaran 4,7-5,5%. Prospek ini dipengaruhi oleh membaiknya ekspor sejalan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi dunia serta tetap baiknya permintaan domestik didukung oleh positifnya keyakinan pelaku ekonomi,” ungkap Perry.

Perry mengemukakan, konsumsi rumah tangga dan investasi khususnya nonbangunan perlu terus didorong agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

BI akan terus memperkuat bauran kebijakan, khususnya melalui kebijakan makroprudensial dan kebijakan sistem pembayaran, serta bersinergi dengan stimulus fiskal Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PUPR Ajak 15 Bank Pelaksana Kucurkan Subsidi FLPP Syariah

JAKARTA–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk meningkatkan
Said Abdullah

Bersama 50 Ribu Kiai dan Santri, Ganjar-Mahfud Panjatkan Doa Keselamatan Bangsa di Gresik

JAKARTA-Sebanyak 50 ribu Kiai dan Santri akan melaksanakan sholawatan dan