Harga Naik Tak Wajar, BEI Pantau Perkembangan Pola Transaksi GZCO

Monday 14 Feb 2022, 5 : 55 pm
by
Untuk target pencatatan Efek baru di 2022 adalah sebanyak 68 Efek, yang terdiri dari pencatatan saham, obligasi baru dan pencatatan efek lainnya yang meliputi ETF
Ilustrasi

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk lebih fokus memantau perkembangan pola perdagangan saham PT Gozco Plantations Tbk (GZCO), karena selama sepekan terakhir mengalami kenaikan harga secara tidak wajar.

“Kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham GZCO yang berada di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA),” demikian disebutkan oleh Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M Panjaitan dalam Pengumuman Bursa yang dikutip Senin (14/2).

Namun demikian, kata Lidia, pengumuman UMA tersebut tidak serta-merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

“Sehubungan dengan terjadinya unusual market activity atas saham GZCO tersebut, maka perlu kami sampaikan bahwa saat ini Bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” ujar Lidia.

Adapun informasi terakhir mengenai GZCO adalah informasi pada 8 Februari 2022 yang dipublikasikan melalui website BEI terkait laporan bulanan registrasi pemegang Efek.

Perlu diketahui, pada penutupan perdagangan di akhir pekan lalu (11/2) harga saham GZCO berada di level Rp120 per saham, padahal di awal pekan (7/2) masih berada di posisi Rp67 per saham. Bahkan, pada 29 September 2021 harganya masih berada di level Rp50 per saham.

Lebih lanjut Lidia mengatakan, BEI berharap agar para investor memperhatikan jawaban dari GZCO atas permintaan konfirmasi dari Bursa, serta perlu mencermati kinerja perusahaan ini dalam setiap keterbukaan informasinya.

Selain itu, para investor juga diharapkan untuk kembali mengaji rencana corporate action emiten tersebut, apabila rencananya itu belum mendapatkan persetujuan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Lidia menambahkan, para investor juga perlu untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada saham GZCO.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Januari 2024, Medco Power Indonesia Tawarkan Sukuk Wakalah Senilai Rp750 Miliar

JAKARTA-PT Medco Power Indonesia (MPI), perusahaan pembangkitan tenaga listrik akan

Kemendag Musnahkan Barang Senilai Lebih Dari Rp 460 Juta

MAKASSAR-Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar pemusnahan barang yang tidak sesuai ketentuan