IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Mainkan Saham Rekomendasi Analis

Monday 4 Oct 2021, 11 : 20 am
by
IHSG, bursa saham, sekuritas
Ilustrasi

JAKARTA-Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal menguat terbatas, setelah di akhir pekan lalu ditutup melemah sebesar 0,92 persen ke level 6.228.

Menurut analis PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus dalam riset harian yang dikutip di Jakarta, Senin (4/10), pergerakan IHSG di awal pekan ini akan berbalik arah menuju zona hijau dengan penguatan terbatas.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang untuk bergerak menguat terbatas dan di-trading-kan pada kisaran level 6.171-6.288,” ujar Nico Demus.

Dia menilai, pemulihan sektor manufaktur dan sentimen terkait laju inflasi akan mempengaruhi laju IHSG.

Rilis data manufaktur selama September 2021 yang berada di atas ekspektasi telah mengindikasikan adanya pemulihan pada sektor ini.

Sementara itu, dia memproyeksikan bahwa inflasi akan tetap terjaga rendah hingga akhir Kuartal IV-2021, meski ada potensi kenaikan terbatas saat momentum Natal dan Tahun Baru.

“Perkiraan kami inflasi pada akhir 2021 bisa lebih rendah dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,5 persen,” ucapnya.

Nico Demus mengatakan, Pilarmas Sekuritas memperkirakan bahwa inflasi tahun ini berada di atas realisasi inflasi di 2020 yang sebesar 1,8 persen.

“Beberapa faktor yang dapat menahan tekanan inflasi di sisa 2021 adalah harga emas, insentif pajak dan pemulihan ekonomi yang lebih bertahap, serta risiko tapering The Fed,” paparnya.

Dengan demikian, jelas Nico Demus, pergerakan IHSG di awal pekan ini yang akan berbalik ke zona hijau menuju target resistance 6.288, semestinya bisa disikapi oleh para investor dengan mempertimbangkan akumulasi pembelian saham BMRI, MNCN dan HMSP.

Proyeksi senada disampaikan dalam hasil riset harian PT MNC Sekuritas yang menyebutkan bahwa pergerakan IHSG di awal pekan ini berpeluang menguat.

“Selama IHSG tidak terkoreksi ke bawah 6.086, maka kami perkirakan IHSG berpeluang menguat kembali untuk membentuk Wave (v) dari Wave A, dengan target terdekat di level 6.300.

Dia menyebutkan, koreksi yang terjadi pada laju IHSG di perdagangan sebelumnya merupakan akhir dari Wave (iv).

“Sehingga, potensi koreksi IHSG relatif terbatas untuk menguji area 6.180. Saat ini IHSG memiliki support 6.086 dan 5.996, sedangkan resistance di level 6.356 dan 6.394”.

Untuk perdagangan hari ini, MNC Sekuritas merekomendasikan kepada para investor untuk mencermati saham BMRI (BoW: 6.100), PTBA (BoW: 2.720), LPKR (BoW: 154) dan MIKA (Spec Buy: 2.270).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi: Satu-satunya Orang Yang Mengeluh adalah Ekonom

SINGAPURA-Presiden Joko Widodo kembali menegaskan komitmen memperbaiki secara fundamental perekonomian

Pemerintah Tak Mampu Stabilkan Harga Pangan

LUMAJANG – Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak menuding