IHSG Diproyeksikan Lanjut Menguat, Akumulasi BMRI, AALI, SMGR dan INCO

Wednesday 12 Jul 2023, 8 : 05 am
by
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (12/7) diperkirakan bakal melanjutkan proses kenaikan, setelah di sepanjang transaksi kemarin bermain di teritori positif dan ditutup menguat 0,98 persen ke posisi 6.796.

Penguatan IHSG di perdagangan kemarin ditopang oleh kenaikan harga pada 297 saham, sedangkan sebanyak 214 saham bergerak melemah dan terdapat 229 saham tidak mengalami perubahan harga.

Selain itu, IHSG juga masih didukung oleh net buy investor asing di pasar reguler sebesar Rp43,64 miliar.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh organisasi research and trading saham, WH Project, saat ini IHSG sudah terbilang berhasil menembus resistance dan supply zone-nya. Kini level 6.754 sudah tertembus, sehingga pergerakan indeks bakal melanjutkan tren penguatan.

“Kami meyakini bahwa selain aspek teknikal, ada juga bantuan katalis positif dari net buy investor asing, walaupun tidak besar,” kata analis WH Project, William Hartanto dalam riset harian untuk perdagangan Selasa (12/7).

Dia menjelaskan, pada umumnya data net buy investor asing akan mendapatkan sambutan positif dari investor lokal.

Sehingga, sejumlah harga saham akan bergerak menguat, karena adanya adu beli yang dilakukan antara kedua pelaku pasar ini.

“Walaupun penguatan IHSG tidak sepenuhnya didominasi oleh saham-saham big caps, namun jika IHSG sudah berhasil menembus supply zone, maka saham-saham big caps yang masih tertinggal bisa menjadi pilihan,” papar William.

Secara teknikal, kata dia, IHSG telah mengakhiri pola sideways yang selama ini dibatasi oleh supply zone 6.754, sehingga laju indeks berpotensi untuk melanjutkan penguatan hingga akhir pekan.

Resistance breakout memungkinkan untuk terjadinya fase retest, namun hanya berupa koreksi sehat yang bisa menjadi peluang untuk menambah koleksi saham.

Dia menambahkan, pelemahan dolar AS dan penguatan harga CPO telah memberi sinyal awal pada kenaikan harga saham sektor perkebunan.

“Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi untuk bergerak mixed dalam kecenderungan menguat, dengan range pergerakan di level 6.754-6.843,” ujar William.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk perdagangan hari ini, WH Project merekomendasikan kepada para pelaku pasar agar mengakumulasi pembelian saham BMRI, AALI, SMGR dan INCO.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aksi Menembak Warnai Latihan Anggota Kodim Depok

DEPOK-Guna memelihara dan tingkatkan kemampuan menembak, ratusan anggota TNI melakukan

Baleg DPR Akui Kinerja Legislasi Turun

JAKARTA–Badan Legislasi (Baleg) DPR RI harus diperkuat guna menghasilkan Undang-Undang