Indonesia Bantah Tuduhan Menutupi Data Radar MH370

Tuesday 18 Mar 2014, 7 : 41 pm
by

KUALA LUMPUR-Kedutaan Besar Republik lndonesia di Kuala Lumpur menyesalkan artikel di Harian Utusan Malaysia tanggal ’17 Maret 2014 berjudul”MH 370 Disembunyi di Pangkalan AS di  Diego Garcia?”. Artikel tersebut merujuk spekulasi yang dimuat dalam portal Cabal Times bahwa lndonesia dengan sengaja menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan MH 370 yang melintasi wilayah lndonesia.

Keterangan tertulis Kedutaan Besar lndonesia dalam keterangan tertulisnya kepada Redaksi  Berita Moneter dengan tegas juga membantah tuduhan bahwa lndonesia terlibat dalam gerakan “rahasia globalisasi” atau “koalisi barat” yang memiliki agenda tertentu.  Spekulasi tersebut jelas tidak merupakan halusinasi seseorang untuk tulisan tersebut juga sangat melukai penumpang warga negara lndonesia, bersedih. memiliki data dukung sama sekali dan hanya menciptakan kebingungan publik. “Terlebih lagi, perasaan keluarga para penumpang, termasuk yang sedang dalam kondisi teramat sulit dan bersedih,”  demikian keterangan tertulisnya dari Kuala Lumpur, Selasa (18/3) .

Sejak hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 tanggal 8 Maret 2014, Pemerintah lndonesia merupakan salah satu negara yang pertama memberikan dukungan atas upaya pencarian pesawat MH 370 dengan mengerahkan 8 kapal dan 3 pesawat serta sejumlah besar personil Tentara Nasional lndonesia (TNl) dan Badan SAR Nasional (BASARNAS).

Komitmen lndonesia ini didasarkan kepada semangat ASEAN dan hubungan lndonesia dengan Malaysia yang sangat kuat. lndonesia juga akan terus memberikan dukungan dan kerjasamanya untuk mencari pesawat tersebut hingga ditemukan.

Pemerintah lndonesia mendukung sepenuhnya fokus operasi pencarian pesawat hingga ditemukan dan meminta semua pihak untuk bersabar serta memberikan kepercayaan kepada para ahli yang terlibat dalam pencarian. “Untuk itu, lndonesia juga meminta agar spekulasi yang tidak bertanggung jawab dihentikan karena tidak membantu upaya dalam menemukan pesawat MH370 yang menjadi tujuan utama operasi pencarian yang melibatkan tidak kurang dari 25 negara,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jangan Paksa Presiden Lantik Anggota BPK Terpilih

JAKARTA-Rapat Paripurna DPR secara resmi menetapkan lima anggota Badan Pemeriksa

Sambut Imlek, Novotel Tangerang Gelar Tradisi Salad Yee Sang

TANGERANG–Menyambut tahun baru Imlek, Novotel Tangerang siap mempersembahkan ragam hidangan