Indonesiasatu Kembali Gelar Anugerah Komitmen Pemimpin Pancasila ke-4

Thursday 9 Oct 2014, 4 : 55 pm
by
freddy ndolu

JAKARTA-Indonesiasatu Foundation untuk ke empat kalinya akan memberikan Anugerah Komitmen Pemimpin Pancasila kepada 10 tokoh nasional untuk konsistensi mereka mewacanakan dan mengimplementasikan ideologi Pancasila dalam posisi mereka masing-masing.

Kesepuluh tokoh tersebut adalah Ir. Azwar Abubakar, Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia(DPD-RI)GKR Hemas, Wakil Ketua DPD-RI, Jimmly Assiddiqie, pakar hukum tata negara, Suryo Bambang Sulisto, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Jend. TNI (Purn) Djoko Santoso, mantan Panglima TNI, Hamdan Zoelva, Ketua Mahkamah Konstitusi, Todung Mulya Lubis, Pengacara dan tokoh HAM, Rochmin Dahuri, mantan Menteri Kelautan dan Maritim, Dwi Soetjipto, Presiden Direktur PT Semen Indonesia dan Ali Masykur Musa, Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan.

“Pemimpin untuk bangsa ini harus jelas komitmennya pada Pancasila sebagai ideologi negara yang sudah diakui dunia karena Pancasila adalah roh yang menghidupi negara. Tanpa roh itu negera ini akan mati. Lebih dari itu Pancasila sebagai ideologi harusnya lebih tinggi dari demokrasi kalau demokrasi dilihat juga sebagai sebuah ideologi,” kata Freddy Ndolu, pendiri Indonesiasatu Foundation, menjelaskan dasar pemberian anugerah ini di dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (9/10).

Sebagai lembaga yang dibentuk dengan misi utama mencari, menemukan dan mempromosikan pemimpin-pemimpin yang memiliki integritas, profesionalitas dan personalitas yang terukur dalam bingkai ideologi Pancasila, Indonesiasatu Foundation telah melalui sebuah perjalanan relatif panjang.

Freddy Ndolu menjelaskan langkah ini telah dilakukan bermula dari talk show TV, penulisan buku Most Wanted Leaders dan penerbitan majalah LIDER yang semuanya bermuarah pada usaha memfungsikan Pancasila melalui pemimpin.

“Semua tokoh yang diberikan Penghargaan Komitmen Pemimpin Pancasila adalah mereka yang sudah kami riset rekam jejaknya, khusus untuk kali ini, kami lakukan melalui majalah LIDER. Yang terpenting adalah bahwa penerima anugerah ini bersedia memikul beban untuk terus berusaha menghadrikan ‘roh’ Pancasila itu dimanapun mereka berada dan sesuai dengan rentang pengaruh yang dimiliki,” jelas Freddy.

Penganugerahan Komitmen Pemimpin Pancasila secara berturut-turut dilakukan di Kupang (NTT), Palangka Raya ( Kalteng) dan Yogyakarta ( Keraton Yogya). Penganugerahan keempat ini akan digelar di Jakarta pada Jumat malam ( 10/10) bertepatan pula dengan ulang tahun ke-2 majalah LIDER.

Inspirator dan The Star

Bersamaan dengan Anuregah Komitmen Pemimpin Pancasila ke-4, majalah LIDER yang berada dibawah payung Indonesiasatu Foundation juga akan memberikan Anugerah Inspirator kepada Guru Besar Bungaran Saragih, mantan Menteri Kehutanan, DR. Anhar Gonggong, sejarahwan, Salim Said, pengamat militer, Moetaryanto Poerwoaminoto, kalangan usaha, dan Gerson Poyk, sastrawan.

“Penghargaan diberikan atas apa yang sudah mereka perbuat tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi bagi kebaikan banyak orang yang dapat menginspirasi generasi penerus untuk dapat berbuat sesuatu bagi bangsa dan negaranya,” jelas Albert Rebong, managing editor majalah LIDER.

Disamping itu lima tokoh muda, Fayakun Andriadi, Damien Dematra, Johan Gazali, Daniel Tagudedo dan Hikmanto Juwono akan menerima Anugerah The STAR sebagai tokoh mudah yang diharapkan akan membawa perubahan kedepan dalam kiprahnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jababeka Raih Penjualan Pemasaran Rp2,21 Triliun pada 2023

JAKARTA-Penjualan pemasaran PT Jababeka Tbk (KIJA) mencapai Rp2,21 triliun pada

Flu Singapura Mengintai, Dinkes Surabaya Imbau Warga Terapkan Pola Hidup Bersih

SURABAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mengimbau masyarakat agar tidak