Ini Tips dari Sequis Buat yang Ingin Jadi Pahlawan Finansial Keluarga

Thursday 9 Nov 2023, 2 : 49 pm
by
Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence Fandi Murdani

JAKARTA-Siapapun bisa menjadi pahlawan keluarga tanpa perlu mengenakan jubah superhero atau terlibat dalam pertempuran, seperti dalam film atau drama kolosal.

Caranya sederhana, yakni mengambil peran sebagai pahlawan finansial bagi keluarga.

“Pahlawan bukan hanya tentang memerangi penjahat atau memberantas kejahatan. Pahlawan finansial bertugas melindungi masa depan keluarga dengan mengamankan harta, aset, dan tabungan yang ada dan yang sedang Anda kumpulkan bagi orang-orang yang Anda cintai. Caranya dengan mengembangkan dana dan aset Anda pada instrumen finansial yang tepat dan tepercaya sehingga dana dan aset tersebut dapat berkembang sesuai prosedur yang benar,” sebut Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence Fandi Murdani.

Bagi Anda yang sedang mencari instrumen finansial untuk dana simpanan, Fandi mengingatkan bahwa semua instrumen finansial pada dasarnya memiliki risiko, tinggal disesuaikan dengan risk profile Anda sebagai calon investor.

Ia juga mengingatkan bahwa risiko  yang dimaksud bukan semata karena tergiur bunga tinggi dari investasi bodong kemudian Anda kehilangan uang yang sudah ditanamkan.

Risiko yang dimaksud adalah ada potensi kerugian penurunan modal karena imbal hasil yang diperoleh bisa saja tidak sesuai dengan yang diharapkan karena faktor kondisi ekonomi lokal maupun global.

Agar tidak salah menanamkan dana yang Anda miliki ke sebuah instrumen finansial maka pastikan aspek legalitas dari produk dan perusahaan finansial tersebut jelas dan benar, yakni lembaga yang telah memperoleh izin usaha dan pengawasan dari regulator yang sesuai dengan bidang usahanya.

Pastikan juga Anda sudah memahami secara lengkap hak dan kewajiban sebagai nasabah, mengetahui manfaat, biaya, dan risiko yang berkaitan dengan produk yang Anda beli.

Jika sudah memiliki pengetahuan tentang instrumen finansial, sudah menentukan tujuan investasi, dan ingin mengembangkan aset yang ada demi membangun masa depan keluarga yang sejahtera maka berikut tips dari Fandi cara untuk menjadi pahlawan finansial keluarga:

Komunikasikan Kondisi & Rencana Finansial Kepada Keluarga

Langkah pertama adalah mengomunikasikan rencana finansial dengan pasangan dan anggota keluarga yang sudah cukup umur mengenai kondisi dan tujuan keuangan keluarga termasuk rencana untuk mengajukan pinjaman dana, menjual aset hingga membeli instrumen investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kredit Perbankan Tumbuh 10,38% dan DPK 3,73%

JAKARTA-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menegaskan kinerja intermediasi perbankan terus membaik.

Pembebasan Bersyarat Henry J Gunawan Tabrak Permenkumham

SURABAYA-Keputusan Dirjen Kemenkumham mengabulkan pembebasan bersyarat (PB) Bos PT Gala