Intan Fauzi Lolos, Dua Menteri Jokowi Tumbang di Dapil Jabar VI

Saturday 11 May 2019, 6 : 44 pm
by

Dia menilai, kegagalan Hanif dan Lukman karena pola kampenye mereka memakai cara lama. Keduanya beranggapan pileg 2019 sama dengan pileg 2014 lalu sehingga mereka turun kampanye diujung pemilu.

Permainan diujung inilah membuat mereka celaka sendiri sehingga tidak terpilih. Padahal model pemilu 2019 ini sangat berbeda. Akhirnya yang lolos adalah caleg yang siap sekalipun mereka pendatang baru, namun menyiapkan diri jauh hari karena pemilu ini berat sekali.

“Caleg yang kampanyenya di ujung atau menjelang pemilu, mereka ini tidak siap menghadapi pileg. Biasanya incumbent atau caleg baru yang lolos ke Senayan itu adalah mereka turun 3 tahun sebelumnya,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pendekatan pribadi dan turun langsung ke masyarakat harus dilakukan. Karena dengan system pemilu yang tertutup, membuat pileg kalah pamor dibandingkan pilpres dari segi pemberitaan.

Akibatnya, masyarakat tidak banyak mengenal nama caleg. Karena tidak kenal maka mereka tidak memiliki refrensi sehingga banyak incumbent yang gugur.

“Bisa jadi, caleg incumbent yang gagal ini tidak turun ke dapil sehingga masyarakatpun tidak pernah merasakan apa programnya,” jelasnya.

Dia mengatakan kalau saja Hanif dan Lukman punya investasi politik di Dapil maka keduanya pasti terpilih. “Namun dugaan saya, investasi politik dari dua pejabat Negara ini tidak ada. Hal ini membuat masyarakat tiidak memilih keduanya,” jelasnya.

Senada dengan Ujang, Peneliti Senior Forum Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mengaku persaingan di Dapil Jabar VI sangat ketat sekali. Karena itu, selain popular, keterpilihan seorang caleg juga ditentukan kedekatan emosional antar caleg dan pemilih.

“Jadi bagi saya, gagalnya figur popular, artis ataupun menteri bukan fenomena baru. Pemilu 2014 lalu ada begitu banyak pesohor yang bertarung, tetapi hanya beberapa saja yang berhasil menuju Senayan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Libur Lebaran, CIMB Niaga Beroperasi Terbatas

JAKARTA-Bank CIMB Niaga siap melayani kebutuhan masyarakat menjelang dan sesudah

DJP Dapat Dukungan Data dan Informasi dari Sejumlah Pihak

JAKARTA-Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus berupaya mengamankan target penerimaan pajak