Jalin Kerja Sama dengan RS di Jerman, RSPAD Nantinya Bisa Operasi Transplantasi Hati

Wednesday 9 May 2018, 10 : 42 pm
by
Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dokter Terawan Agus Putranto

JAKARTA-Setiap tahun ada sekitar Rp 155 triliun uang yang dihabiskan warga negara Indonesia untuk berobat ke luar negeri. Setidaknya ada 3 negara yang menjadi tujuan utama WNI yang melakukan perawatan kesehatan yakni Singapura, Malaysia, dan Tiongkok.

Fenomena banyaknya jumlah WNI yang berobat ke luar negeri tidak lepas dari keterbatasan dokter dan peralatan medis yang dimiliki oleh rumah sakit di Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) segera menjajaki kerja sama dengan Nordwest Krankenhaus, sebuah rumah sakit yg sangat berpengalaman dan termasuk rumah sakit yg terlama di Frankfrurt, Jerman.

Nantinya pasien tidak perlu pergi lagi ke luar negeri. Sebagai contoh bila pasien memerlukan transplantasi hati, cukup datang ke RSPAD maka operasi transplantasi hati bisa dilakukan.

“Dan bukan tidak mungkin, tidak hanya operasi transplantasi hati, banyak operasi yang selama ini belum bisa dilakukan di Indonesia nantinya bakal bisa dilakukan,” ujar dr Terawan Agus Putranto Sp Rad.

Hal tersebut bermula dari kunjungan Kepala Rumah Sakit RSPAD, Mayjend Dr dr Terawan Agus Putranto Sp Rad ke Nordwest Krankenhaus, Frankfrurt, Jerman pada awal April 2018 lalu.

dr Terawan memang kerap melakukan terobosan dalam bidang medis untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Kedatangannya ke Jerman saat itu dilakukan untuk menjajaki kerja sama riset medis guna meningkatkan pelayanan RSPAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fans Syaibah Hidupkan Kegiatan UKM

TANGERANG-Komunitas dan Fans Radio Syaibah menggelar pertemuan guna membangun silaturahmi

Bangkitkan Industri Pariwisata, PUPR Biayai Penataan Kota Lama Semarang

SEMARANG-Kawasan Kota Lama Semarang mendapat perhatian khusus Kementerian Pekerjaan Umum