Jangan Terburu-buru Deklarasi Menang Pilpres 2024, Hasil Quick Count Tidak Melihat Data di Balik Kertas

Monday 19 Feb 2024, 7 : 27 pm
KOTAK SUARA

JAKARTA-Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas (Unand) Padang, Feri Amsari mengatakan bahwa hingga hari ini belum ada pasangan calon (paslon) yang memenangkan Pilpres 2024.

Ia mengimbau, jangan terburu-buru mendeklarasikan kemenangan berdasarkan hitung cepat atau quick count (QC) karena hanya melihat data di atas kertas, tidak melihat kebenaran di balik kertas.

Menurut aktivis hukum ini, jika melihat kecurangan pemilu yang terstruktur sistematis dan masif (TSM), maka paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum menang, meski sudah deklarasi kemenangan pada Rabu (14/2/2024).

“Secara hukum, quick count tidak bisa dipergunakan dan dipercaya, masalahnya di balik bisnis QC ada keinginan menyukseskan paslon tertentu,” kata Feri Amsari saat diwawancara mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Abraham Samad pada podcast “Speak Up” yang dikutip pada Senin (19/2/2024).

Baca juga :  HSG Berpotensi Turun di Akhir Pekan, Mainkan ADHI, ELSA, TLKM dan UNVR

Memang, ujarnya, tidak sedikit pollster yang baik dan jujur tapi lebih banyak yang dipertanyakan.

Di Indonesia, pollster yang bermasalah masih menjadi acuan media massa.

Oleh karena QC hanya memotret data di atas kertas, maka lembaga survei tidak bicara perimbangan informasi.

“Di beberapa negara maju yang demokrasinya sangat sehat QC diumumkan oleh berbagai media. Sulitnya di Indonesia, rakyat dengan mudah menerima, percaya angka, berita media tanpa filterisasi, mestinya ada tanggung jawab penyelenggara QC,” ujar Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bentuk Depo Bapok Kita, Mendag Pangkas Rantai Distribusi

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali melakukan terobosan guna menstabilkan harga barang

Kebiri Libido Jangan Pakai Dana APBN

JAKARTA-Psikolog Reza Indragiri menolak hukuman kebiri libido bagi pelaku kejahatan